Kelompok Keahlian (KK) merupakan hal fundamental yang harus dibentuk. Kelompok Keahlian (KK) bertujuan untuk memetakan keahlian masing-masing dosen agar tercapai sinergi antara pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat bagi dosen-dosen di Fakultas Teknik Elektro (FTE) dan Fakultas Teknologi Informasi dan Industri ITTelkom Surabaya. Pembentukan Kelompok Keahlian (KK) di ITTelkom Surabaya berada pada level Fakultas. Fakultas Teknik Elektro (FTE) ITTelkom Surabaya memiliki Kelompok Keahlian (KK) yang bernama Electronics and Intelligent Systems (EIS) yang menaungi bidang keahlian seluruh dosen dari tiga prodi, yakni Teknik Komputer, Teknik Elektro, dan Teknik Telekomunikasi.

Sedangkan Fakultas Teknologi (FTII) Informasi Dan Industri Memiliki 2 Kelompok Keahlian yang bernama Smart System and Integrated Technology yang diketuai oleh  Ardian Yusuf Wicaksono, S. Kom., M. Kom. yang menaungi bidang keahlian seluruh dosen dari tiga prodi, yakni Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknolgi Informasi  kemudian Kelompok Keahlian (KK) Enterprise System and Industrial Management yang di Ketuai oleh Benazir Imam Arif Muttaqin, S. T., M.T. yang menaungi bidang keahlian seluruh dosen prodi Teknik Industri.

Diharapkan pembentukan Kelompok Keahlian (KK) di Fakultas Teknik Elektro (FTE) dan Fakultas Teknologi (FTII)  bisa memberikan kontribusi kepada ITTelkom Surabaya demi mencapai cita-citanya dan bermanfaat bagi Bangsa Indonesia.