Webinar IT Culture Festival: Pemanfaatan Kekuatan Internet of Things (IoT) untuk Mengembangkan Teknologi Cerdas

Internet of Things yang lebih dewasa ini lebih dikenal IoT. IoT juga mengalami banyak perkembangan mulai dari tingkat konvergensi teknologi nirkabel, microelectromechanical (MEMS), internet, dan QR (Quick Responses) Code. Pada Sabtu 20 Maret 2021, ITTelkom Surabaya mengadakan webinar bertakjub Pemanfaatan Kekuatan Internet of Things (IoT) untuk Mengembangkan Teknologi Cerdas dimana webinar ini diadakan online melalui Zoom sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai betapa pentingnya IoT dalam kehidupan kita.

Di dalam sambutannya rector ITTelkom Surabaya menjelaskan bahwa IoT sudah tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan kita dan sebagai Perguruan Tinggi berbasis ICT maka mahasiswa harus dituntut untuk melek terhadap hal ini.

“Kita mau tidak mau harus melewati transformasi digital bahkan pembelajaran hingga Perguruan Tinggi juga mulai dilaksanakan dengan digital. Kami sebagai Perguruan Tinggi berbasis ICT maka harus menyiapkan adik-adik dengan IoT karena kita tidak bisa lepas. Semoga webinar ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.” ujar Tri Arief Sardjono

Konsep IoT cukup sederhana dengan mengacu pada 4 elemen utama pada arsitektur IoT yakni Device/sensor, connectivity, data processing dan user interface. Cara kerja IoT yaitu dengan memanfaatkan sebuah fungsi pemrograman (function) yang di mana tiap-tiap perintah argumennya disusun untuk menghasilkan interaksi antara sesame mesin yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan dalam jarak berapapun.

“Implementasi IoT sendiri antara lain di bidang Kesehatan, smart cities seperti parking information system dimana terdapat sensor di beberapa tempat parker untuk menginformasikan ketersediaan tempat, di bidang agrikultur, Gudang, robot dan lain sebagainya.” jelas I Dewa Gede selaku pemateri dari ATOP Technologies.

Kekuatan dari IoT mengembangkan teknologi cerdas dimana dapat mengirimkan data dengan cepat, melakukan tracking, kemudinan menghemat waktu karena serta biaya karena dengan bantuan mesin yang memiliki kemampuan yang dapay diatur maka manusia tidak perlu melakukan hal berat dan rumit karena adanya IoT ini.

Secara keseluruhaan webinar ini dapat diakses melalui kanal Youtube ITTelkom Surabaya atau melalui link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=hpemTPYpy-o

Leave A Reply

Your email address will not be published.