Lulusan ITTelkom Surabaya Terserap Dunia Kerja, 2 Bulan Setelah Wisuda

Surabaya,Juni 2022 – Institus Teknologi Telkom Surabaya (ITTelkom Surabaya) yang berdiri sejak 4 September 2018 adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan program sarjana dengan basis Information and Communication Telkonogies (ICT). Pada Maret 2022 lalu telah meluluskan angkatan pertama mereka yang berhasil lulus 3,5 tahun. 16 orang yang lulus tersebut sebagian besar telah terserap di lapangan pekerjaan.

Dalam jangka waktu kurang dari dua bulan saja ada setidaknya 9 orang mahasiswa yang sudah berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan impian mulai dari PT Freeport Indonesia, PT Telkom Sigma, PT Telkom Akses, PT Strata Solusi Nusantara, PT Travelana Mandiri Sejahtera dan PT Sigma Cipta Caraka. Hal ini juga didukung oleh dorongan fasilitas yang diberikan oleh kampus sendiri.

Dijelaskan oleh Tri Arief Sardjono, Rektor ITTelkom Surabaya, “Kami tidak melepas lulusan begitu saja, namun kampus memfasilitasi para lulusan agar mudah mencari pekerjaan impian. Career Development Center (CDC) menyelenggarakan seminar dan pelatihan bagi lulusan, selain itu CDC juga menyediakan informasi pekerjaan yang dapat membantu alumni mendapatkan bidang pekerjaan yang mereka inginkan.”

Kiat-kiat lain yang dimiliki oleh ITTelkom Surabaya tentunya tidak datang dari fasilitas tersebut namun juga bagaimana mahasiswa sudah dilatih untuk memiliki inisiatif serta berpikir kreatif. Ada banyak projek yang diberikan kepada mahasiswa ketika berada di bangku perkuliahan untuk mengasah skill hingga memperluas relasi. Para mahasiswa diberikan wadah untuk menerapkan ilmu yang didapat sehingga tak sedikit pula yang juga sudah bekerja freelance meski belum lulus.

“Kami juga mengharuskan para mahasiswa ini untuk memiliki sertifikat bahasa hingga sertifikat professional sebelum mereka lulus yang diakui secara nasional. Ini adalah nilai tambah bagi para lulusan untuk menarik minat serta kepercayaan perusahaan terhadap kemampuan mereka.” Imbuh Tri Arief.

Tak hanya itu, ITTelkom Surabaya juga memiliki jaringan kerjasama yang dibangun tidak hanya antara BUMN, namun juga industri, instansi pemerintahan hingga Start-up untuk mendorong keterbukaan kesempatan baik untuk magang hingga melamar pekerjaan.