Tingkatkan Daya Saing SMK di Jawa Timur, ITTelkom Surabaya Selenggarakan Pelatihan Pengembangan Bisnis Digital

Surabaya, September 2022 – Transformasi digital merupakan sebuah keniscayaan yang harus dihadapi oleh berbagai sektor, tak terkecuali di bidang pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu wadah untuk menghasilkan lulusan yang terampil perlu dibekali kompetensi yang mumpuni terutama di bidang teknologi digital. Jumlah sekolah kejuruan di Provinsi Jawa Timur kurang lebih 2.137 dan lulusannya hingga 760 ribu tiap tahunnya. Namun demikian potensi lulusan SMK masih belum teroptimalkan dengan baik.

Sebagai perguruan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT), ITTelkom Surabaya memiliki peranan penting dalam meningkatkan daya saing SMK khususnya melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Pada Selasa, 6 September 2022 yang lalu tim pengabdian masyarakat ITTelkom Surabaya melaksanakan kegiatan pelatihan pengembangan toko digital di SMK Ihyaul Ulum yang berlokasi di jalan Timur Pasar 104, Dukun, Gresik.

Mengambil tema “Pelatihan Pengembangan Inovasi Bisnis Digital Berbasis Web Untuk Meningkatkan Daya Saing SMK Di Jatim”. Sasaran kegiatan pelatihan adalah siswa/i SMK khususnya pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang berjumlah kurang lebih 40 peserta. Sedangkan tim pelaksana pengabdian masyarakat terdiri dari Wahyu Andy P., S.Kom., M.Sc., M. Sholik, S.Kom., M.Kom., dan Titus Kristato, S.Kom., M.Kom.

Wahyu Andy yang sekaligus ketua pelaksana menjelaskan, “Tantangan perubahan digital perlu mendorong para siswa/i untuk lebih adaptif dan kreatif dalam belajar. Melalui program pelatihan ini ITTelkom Surabaya berupaya untuk meningkatkan kapasitas pembelajaran siswa/i dengan muatan materi pembelajaran baru yang langsung bisa dipraktikkan.”

Para peserta pelatihan diberikan pemaparan materi dan praktik pendampingan tentang bagaimana membuat sebuah toko online secara mudah. Muhammad Asrori salah seorang guru menyampaian, “Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh ITTelkom Surabaya ini. Selain memberikan suasana pembelajaran baru bagi siswa/i kami, kegiatan seperti ini juga bisa meningkatkan kemampuan para siswa dalam beradaptasi dengan ilmu atau teknologi baru.”

Melihat minat dan peluang pengembangan para siswa/i SMK, tidak menutup kemungkinan kegiatan serupa akan diselenggarakan lagi di masa yang akan datang. Harapannya para lulusan SMK mampu terus berkembang dan ditingkatkan daya saingnya dalam menghadapi pesatnya disrupsi teknologi. Di sisi lain, keahlian perancangan aplikasi berbasis web serta keahlian lain di bidang digital diajarkan di seluruh program studi yang ada di ITTelkom Surabaya seperti prodi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknologi Informasi, bisnis digital, sains data, sistem informasi, informatika, teknik logistik, teknik computer, teknik telekomunikasi, teknik elektro dan teknik industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.