Sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Edisi III

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Telkom Surabaya pada Senin 8 Februari 2021 menggelar sosialisasi panduan penelitian dan pengabdian masyarakat edisi III bertempat di ruang auditorium ITTelkom Surabaya.

“Kegiatan ini menyangkut dengan penelitian dan pengabdian masyarakat yang akan kita lakukan. Dengan adanya acara ini maka akan mempermudah kita dalam melakukan penelitian serta pengabdian masyarakat mengenai standar serta, prosedur dan hal lainnya.” ujar Bambang Lelono Widjiantoro, Wakil Rektor 1 dalam sambutannya.

Melalui sosialisasi ini dipaparkan adanya beberapa perubahan dibanding aturan sebelumnya yakni dari indikator dan bobot klasterisasi 2020.

“Perubahan dari bobot kinerja penelitian sebanyak 40%, jurnal 30% dan pengabdian masyarakat 25%. Ada banyak skema di tahun ini dengan pembagian 4 kategori: penelitian kompetitif, penelitian penugasan, penelitian kerjasama dan penelitian mandiri.” jelas Wahyu Andy, Kepala Bagian LPPM ITTelkom Surabaya.

Ada beberapa skema penugasan umum antara lain: ketua dan anggota pengusulan adalah dosen tetap ITTelkom Surabaya, dosen yang dalam masa tugas belajar hanya diperkenankan untuk mengusulkan skema penelitian dan/atau pengabdian masyarakat dana mandiri, usulan dilakukan melalui i-Gracias dan pada halaman pengesahan harus mendapatkan persetujuan dari Dekan Fakultas, Ketua Kelompok Keahlian dan disahkan oleh Kepala LPPM, setiap dosen maksimal terlibat dalam dua penelitian (satu usulan sebagai ketua dan satu sebagai anggota atau dua usulan sebagai anggota) pada tahun yang sama. Dan masih banyak lagi yang dapat diakses dalam buku panduan.

Beberapa jenis penelitian yakni penelitian dasar, penelitian terapan, penelitian pengembangan, penelitian buku ajar, penelitian unggulan berbasis research centre, penelitian percepatan JFA, penelitian kerjasama Perguruan Tinggi, dan penelitian mandiri. Untuk program pengabdian masyarakat juga memiliki beberapa jenis yakni: berbasis penelitian, regular, penugasan dan mandiri.

Ada beberapa bidang unggulan yang dimiliki oleh ITTelkom Surabaya yakni TIK, kemaritiman, sistem logistik cerdas dan kebencanaan. Kemudian untuk bidang pengabdian masyarakat yakni pemberdayaan desa/wilayah, mitigasi dan ketangguhan bencana, dan industri kreatif dan penerapan teknologi maju.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Informasi Pendaftaran