SIIP: Menggapai Puncak Menara Eiffel

SIIP: Menggapai Puncak Menara Eiffel

Surabaya, Juli 2021 – Episode SIIP kali ini membahas mengenai salah satu program studi baru ITTelkom Surabaya yakni Teknik Logistik yang diadakan Zoom pada 1 Juli 2021 lalu, pembicara Dr. Abduh S. Albana. Sebelum menuju materi utama, Abduh menjelaskan bagaimana perjalanan pendidikannya di Prancis.

“Saya memulai pendidikan sarjana di ITS mengambil Teknik Industri yang mana booming di tahun 2008, kemudian melanjutkan S2 di jurusan dan Perguruan Tinggi yang sama serta mencari beasiswa S2 di Grenoble INP dan melanjutkan di University Grenoble Alpes S3.” jelas Abduh.

Pembahasan berlanjut mengenai bidang khusus di Teknik Industri, menurut Salvendy menyebutkan ada beberapa bidang dalam Teknik Industri antara lain Operation Research, Manufacturing Systems Engineering, Management System, dan Human Factors Engineerings. Lebih lanjut mengenai Teknik Logistik, Abduh menjelaskan,

“Teknik Logistik ini adalah ilmu teknik yang mengurusi mengenai aliran material mengenai penjualannya bagaimana, mengirimnya bagaimana, mendistribusikannya bagaimana hingga menggudangkannya bagaimana baik material maupun bahan baku suatu produk. Teknik Logistik ini adalah ilmu yang kompleks yang memastikan bahwa suatu barang harus berada ditempat dan waktu yang tepat.” jelas Abduh.

Darren Prokop salah satu ahli dalam bidang Teknik Logistik menjelaskan secara sederhana Teknik Logistik adalah sebuah seni dan ilmu untuk memanajemen waktu, jarak fisik dan lokasi. Manajemen rantai pasok seperti sebuah struktur atau kerangka sementara logistik itu seperti aliran darah dan oksigen yang merupakan bagian vital dalam struktur tersebut.

Di dalam teknik logistic ada beberapa hal yang dipelajari, “Ada beberapa hal pertama manajemen permintaan, perencanaan fasilitas, perencanaan kapasitas, manajemen supplier, manajemen inventory dan perencanaan transportasi serta distribusi.” imbuh Abduh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *