SIIP ITTelkom Surabaya: Kerennya Kerja di Industri Pertahanan

Pernah tidak kalian berpikir untuk berkarir dalam industri pertahanan? Pasti pemikiran betapa kerennya bisa kerja di industri semacam itu terbersit dalam pikiran kalian tapi bingung dimana bisa mendapatkan informasi seputar hal ini. Mewadahi rasa penasaran serta memberikan pengetahuan mengenai betapa kerennya kerja di industri pertahanan, Seminar Internasional Ilmiah Populer (SIIP) episode kali ini akan membahasnya bersama rekan-rekan dari SMK Methodist Palembang.

Acara yang diadakan melalui Zoom dan live lewat Youtube resmi ITTelkom Surabaya ini diadakan pada 11 Februari 2021 dengan narasumber Oktavia Ayu Permata, ST., M.T. yakni salah satu dosen IT ITTelkom Surabaya

“Dewasa ini pemerintah sedang menggandeng institusi-institusi untuk mengembangkan industri pertahanan. Industri yang lebih dikenal sebagai industri militer merupakan industri yang produknya baik secara sendiri maupun kelompok dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pertahanan negara.” jelas Ayu.

Produk dari industri ini adalah Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia atau lebih kita kenal sebagai alusista yang merupakan alat peralatan utama beserta pendukungnya yang merupakan suatu sistem senjata yang memiliki kemampuan untuk pelaksanaan tugas pokok TNI. Ada beberapa industri pertahanan antara lain PT Pindad (Persero), PT Dahana (Persero), PT Digantara Indonesia (Persero). PT PAL Indonesia (Persero), PT Infoglobal (Persero) dan lain sebagainya. 

Produk yang dihasilkan oleh industri pertahanan yakni Avionik & mission system, aplikasi pertahanan dan bisnis, radar data processing. 

“Sebagai contoh produk industri pertahanan yakni submarine & naval shipbuilding yang dikembangkan oleh PT Pal Indonesia (Persero) yang digunakan oleh TNI AU, namun saat ini untuk proses pembuatan dan perakitan masih belum mandiri karena beberapa masih harus impor.  Kita sebagai generasi harapan bangsa bisa membuat sendiri supaya lebih praktis dan keamanannya lebih terjaga dimana pertahanan ada kaitannya dari eksistensi negara.” Jelas Ayu.

Teknologi terkait yang digunakan dalam pengembangan produknya meliputi computer network, radar, signal processing/image processing, electronics, cyber security, web programming dan mobile programming. Di ITTelkom Surabaya sendiri semua program studi mengajarkan ilmu-ilmu pengembangan maritime, logistik dan trasnportasi sehingga sangat relevan untuk diaplikasikan ke dalam seluruh jenis industri termasuk industri pertahanan.

Untuk kalian yang ingin tahu kelengkapan informasinya, bisa kunjungi link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=o54R9XFZag4

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Informasi Pendaftaran