SIIP: Bukan Hanya Sekedar Untaian Kata Tak Bermakna

SIIP: Bukan Hanya Sekedar Untaian Kata Tak Bermakna

Surabaya, Juli 2021 – Jumat 9 Juli 2021 ITTelkom Surabaya kembali mengadakan Seminar Internasional Ilmiah Populer (SIIP) sebagai series penhenalan setiap program studi di ITTelkom Surabaya pada episode kali ini membahas mengenai informatika tidak hanya membahas mengenai coding dengan pembicara Ardian Yusuf Wicaksono, S.Kom., M.Kom. yang juga merupakan dosen Informatika ITTelkom Surabaya.

“Judul SIIP hari ini adalah Bukan Hanya Sekedar Untaian Kata Tak Bermakna, untaikan kata ini kita ibaratkan seperti coding dimana tidak hanya sekedar mengetik kata-kata tapi lebih daripada itu.” jelas Ardian dalam pengantar acara.

Informatika itu sendiri merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari mengenai ilmu computer seperti data maupun informasi pada mesin berbasis komputisasi. Ardian menjelaskan pengertian informatika sebagai,

“Setiap kampus pada dasarnya memiliki kekhasannya sendiri dalam prodi informatika namun disini (ITTelkom Surabaya) informatika sendiri adalah disiplin ilmu yang berfokus pada pengembangan sistem, mengcoding membuat program, berbasis computer dengan segala kemampuan dalam smart computing, smart networking dan optimized programming.” jelasnya.

Bidang ilmu yang dipelajari itu sendiri terdiri atas tiga hal yakni smart networking yang mempelajari komputasi cerdas seperti membuat sustem kendaraan otomatis dan membuat sistem kecerdasan buatan, yang kedua smart computing yakni bidang ilmu yang mempelajari pemograman berbasis jaringan, topologi jaringan, jaringan computer serta keamanan jaringan. Dan yang terakhir optimized programming yakni bidang ilmu yang mempelajari Bahasa pemograman efektif dalam membuat aplikasi atau sistem.

Lulusan sarjana informatika nantinya bisa menjadi AI developer, startup founder, IT consultant, mobile developer, network engineer, programmer, system analyst atau data engineer.

Adrian mengemukakan ada hal unik yang seringkali menjadi meme bagi orang-orang yang terjun di bidang informatika.

“Bagaimana sih sebenarnya dunia informatika atau dunia coding? Secara sederhana diibaratkan seperti kita itu sebenarnya bisa langsung seperti mengedit excel namun selalu kita iseng untuk membuat program untuk mengotomasisasi itu jadi seharusnya kita bisa mengerjakannya 6 menit kita akhirnya menghabiskan 6 jam untuk melakukan otomatisasi itu. Selain itu ada banyak hal lucu lain yang dapat mendiskripsikan bagaimana programmer itu.”

Untuk lebih lanjut, webinar dapat disaksikan melalui link berikut https://www.youtube.com/watch?v=w9o7hjFqSCQ&t=634s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *