Siap Hadapi Era Disrupsi 4.0 dan Society 5.0, ITTelkom Surabaya Hadirkan Prodi Data Sains dan Teknik Logistik di Tengah Masyarakat

Setelah membuka program studi (prodi) Bisnis Digital dan Informatika beberapa waktu lalu, ITTelkom Surabaya Kembali meresmikan dua prodi baru, yaitu Sains Data (Data Science) dan Teknik Logistik. Berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 181/E/O/2021, secara resmi ITTelkom Surabaya diperkenankan untuk menjalankan kedua prodi tersebut pada jenjang Sarjana. Di dalam keterangannya, Rektor ITTelkom Surabaya, Tri Arief Sardjono, mengatakan bahwa pembukaan Program Studi Sains Data dan Teknik Logistik ini sebagai jawaban terhadap kebutuhan akan talenta baru di era masyarakat digital serta upaya menyiapkan diri terhadap perkembangan ilmu di masa depan.

Perkembangan dunia yang memasuki era disrupsi 4.0 serta perkembangan teknologi dan keterbukaan informasi telah membawa konsekuensi kepada berlimpahnya data dalam jumlah besar atau dikenal sebagai Big Data. Tidak hanya data di platform digital seperti media sosial, e-commerce, tetapi juga data yang ada di berbagai sistem yang dihasilkan dari proses transformasi digital. Untuk itu, diperlukan skill khusus untuk dapat melakukan pengolahan, analisa, pemodelan, serta menyajikan data tersebut menjadi informasi yang relevan. Untuk menjawab tantangan tersebut, ITTelkom Surabaya menghadirkan program studi Sains Data yang untuk menyiapkan sumberdaya unggul di era Big Data. Terlebih lagi, profesi ahli di bidang Sains Data atau dikenal sebagai Data Scientist, merupakan salah satu pekerjaan yang paling dicari di abad ini.

Selain itu, perkembangan era digital dan teknologi yang sangat pesat hingga melahirkan revolusi industri 4.0, semakin membuka jalur-jalur globalisasi yang tentunya juga semakin membuka jalur distribusi material dan produk jadi. Hal ini juga menunjukkan bahwa semakin bertambahnya kebutuhan akan industri-industri logistik. Di Indonesia sendiri, industri logistik tumbuh signifikan pada tahun 2018 dan diperkirakan akan berlanjut dalam beberapa tahun mendatang, salah satunya juga berkat maraknya jual-beli online. Menurut Tri Arief, kesempatan ini tentu tidak boleh disia-siakan oleh ITTelkom Surabaya untuk menggodok sumber daya mumpuni yang menjawab tantangan pasar.

Data Science saat ini menjadi kunci untuk mengembangkan teknologi dan sistem yang nantinya akan digunakan dalam berbagai industri, baik komunikasi, bisnis, sains, manufaktur, dan tentu industri logistik yang sedang berkembang pesat. Pembukaan kedua program studi ini adalah antisipasi kami dalam menghadapi tantangan saat ini sekaligus sejalan dengan visi ITTelkom Surabaya sebagai perguruan tinggi yang berfokus kepada  Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) serta penerapannya  di bidang maritim, transportasi, dan logistik.”

Wakil Rektor I bidang Akademik dan Riset yang menjadi salah satu tim pengarah pendirian prodi baru mengatakan bahwa prodi ini siap menerima mahasiswa baru, “Program persiapan pengembangan program studi baru ini sudah kami lakukan sejak September 2020 lalu. Dengan turunnya SK tersebut kami secara resmi siap menerima mahasiswa di semester gasal tahun akademik 2021/2022.”

Momentum pembukaan empat prodi ini juga menjadi penanda bahwa ke depannya ITTelkom Surabaya berkomitmen penuh untuk mencetak generasi emas yang tidak hanya memenuhi kebutuhan bursa kerja, tetapi juga generasi Indonesia yang mendukung era disrupsi 4.0 dan society 5.0.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.