Seminat Ilmiah Populer (SIP) Generasi Milenial dari Timur

Program Studi Tekni Elektro mengadakan kuliah tamu yang dibuka dengan pembahasan Building Digital Academy Society: Enhancing Education with Digital Transformation yang dipaparkan oleh Setyaji Nawandono selaku pemateri. Materi dimulai dengan penjelasan mengenai 5 arahan Presiden RI mengenai Transformasi Digital yakni yang pertama:

  1. Segera lakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infastruktur digital, serta percepatan penyediaan layanan internet.
  2. Siapkan roadmap transportasi digital di sector-sektor strategis.
  3. Percepat interaksi Pusat Data Nasional.
  4. Siapkan kebutuhan SDM talenta digital.
  5. Siapkan regulasi, skema-skema pendanaan dan pembiayaan.

Internet ekonomi di Indonesia telah meningkat lebih dari empat kali lipat dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 49% per tahun, ekonomi internet terbesar dan dengan pertumbuhan tercepat di kawasan. Dimana 2,9% yakni sekitar 548 trilion adalah konstribusi ekonomi digital untuk GDP Indonesia di tahun 2020. Populasi pengguna didominasi oleh pengguna milenial antara umur 21 hingga 36 tahun atau sekitar 24% populasi atau kurang lebih 63,5 juta.

Materi ke dua disampaikan oleh Gede Arka Puniatmaja dengan mengusung pembahasan “Dari Timur berkonstribusi untuk Negeri” dimana beliau memaparkan bahwa adanya pergeseran persepsi dalam konsep pahlawan di era milenial dimana yang nomor satu yakni memperjuangkan kesejahteraan rakyat dan membela kebenaran.

“Bagi generasi milenial, pahlawan masa kini adalah mereka yang kreatif dan inovatif di bidang teknologi informasi, seperti start up.” Ujar Gede Arka.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.