Selamat Datang Mahasiswa Baru, PKKMB ITTelkom Surabaya Berlangsung Secara Luring

Surabaya, September 2022 – Menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023, ITTelkom Surabaya menyelenggarakan serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru. Tahun ini, PKKMB diselenggarakan pertama kali secara offline sejak pandemi Covid 19 di Kampus ITTelkom Surabaya.

Sebanyak lebih dari 706 orang mahasiswa baru menghadiri acara yang berlangsung selama tiga hari, 27-29 September 2022. Selama tiga hari tersebut mahasiswa akan diberikan pembekalan untuk menyiapkan mereka sebelum mulai berkuliah. Tahun ini, uniknya, pembukaan PKKMB dilakukan oleh rektor ITTelkom Surabaya, Dr. Tri Arief Sardjono S.T., M.T., tidak hanya berjalan ke panggung saja namun dengan atraksi flying fox dari atas gedung menuju tempat kegiatan.

“ITTelkom Surabaya menyambut 706 mahasiswa baru (maba) jenjang sarjana, kami tentu ingin memberikan sesuai yang berbeda dengan adanya sedikit atraksi tadi. Namun atraksi ini sebenarnya adalah simbol semangat serta berani menerima tantangan, saya berharap para mahasiswa baru tidak mudah menyerah ketika dihadapkan kepada tantangan di depan mereka. Melawan rasa takut dan berani mencoba adalah salah satu kunci sukses yang harus ditanamkan.” Jelas Tri Arief.

PKKMB merupakan agenda tahunan. Acara ini digelar untuk memperkenalkan atmosfer kampus kepada mereka mulai dari pemaparan pedoman akademik, pengenalan iGracias, E-learning, Open Library, fasilitas kampus, dan kegiatan mahasiswa selama perkuliahan. Adapula pengenalan masing-masing fakultas dan prodi yang dilakukan agar maba dapat melihat lebih dekat bagaimana suasana kampus mereka. Ini adalah awalan sebelum mereka siap menjalankan kuliah tatap muka 3 Oktober 2022.

Di dalam rangkaian ini juga mengundang sejumlah narasumber yang akan membekali maba mulai dari wakil gubernur Jawa Timur, Emil Dardak yang menyampaikan bagaimana Perguruan Tinggi di era revolusi industry 4.0 dan kehidupan kampus pada masa pandemi. Adapula narasumber dari Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) yang memberikan bekal materi AKHLAK dan core values BUMN. Dan materi yang tak kalah penting tentang bela negara, anti-KKN dan BNN dari TNI kodam. Materi lainnya yakni pencegahan dan penanganan kekerasan seksual yang disampaikan langsung oleh satgas PPKS.

“Sebagai kampus sejuta inovasi, para maba juga diberikan tantangan untuk membuat ide inovasi sesuai tema yang telah diberiakan oleh panitia. Tidak lupa, mahasiswa juga diperkenalkan dengan masing-masing UKM jadi mereka bisa memilih apa minat dan bakat mereka juga untuk mengembangkan softskill.” Ujar Agoes Windarto, Wakil Rektor III bidang Admisi dan Kemahasiswaan.

Di tengah acara juga disisipi agenda “Bincang Kampus” pada hari pertama, acara ini memberikan kesempatan para maba untuk mengenal bagaimana roadmap ITTelkom Surabaya ke depan. Penjelasan mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi hingga budaya EPIC yang dipaparkan langsung oleh jajaran rektorat. Maba juga memiliki kesempatan untuk berdiskusi secara terbuka serta menyampaikan aspirasi mereka.