Selamat Datang Camaba: Kenal Lebih Dekat Kampus ITTelkom Surabaya Melalui Acara Rektor Menyapa

Selamat Datang Camaba: Kenal Lebih Dekat Kampus ITTelkom Surabaya Melalui Acara Rektor Menyapa

Surabaya, Juli 2021 – 10 Juli 2021 ITTelkom Surabaya menggelar acara bertajub Rektor Menyapa. Di dalam acara yang digelar melalui Youtube Chanel ITTelkom Surabaya ini merupakan kegiatan salam perkenalan dari rektorat ITTelkom Surabaya baik Rektor, Wakil Rektor I, II, III ITTelkom Surabaya kepada wali calon mahasiswa baru ITTelkom Surabaya 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk semakin mengenalkan Visi, Misi, dan Tujuan kurikulum pendidikan ITTelkom Surabaya kepada wali Camaba untuk semakin yakin memberikan do’a dan dukungan kepada ananda tercinta untuk meraih cita-cita di ITTelkom Surabaya.

“Bapak ibu kami adalah bagian dari Telkom Group dimana Yayasan Pendidikan Telkom dipercaya untuk menangani dibagian pendidikan, di Yayasan Pendidikan Telkom sendiri memiliki lembaga pendidikan dari TK sampai Perguruan Tinggi.” jelas Tri Arief Sardjono, rektor ITTelkom Surabaya.

ITTelkom Surabaya sendiri merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang berstandar internasional berbasis ICT dengan fokus di maritime, transportasi dan logistik. Pada tahun ini mencapai apa yang ditargetkan dimana tahun depan pada 2022 lulusan pertama lahir. Sebagai Perguruan Tinggi Swasta di bawah Telkom dimana support penuh diberikan dari Yayasan Pendidikan Telkom dimana fasilitas yang dimiliki kampus cukup.

“Ada beberapa partner kampus lain baik dari negeri maupun swasta antara lain ITS, UGM, APERTI BUMN, Mapua University, Massachusetts Institute of Technology, Telkom University, ITTelkom Purwokerto, ITTelkom Jakarta dan Telkom Schools. Selain itu ada beberapa partner lain antara lain Telkom Indonesia, Kementrian Sosial RI, Forum Human Capital Indonesia, Telkomsel, DDB Telkom Instership Program, Pemkot Surabaya, Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur, Google for Education, Microsoft.” imbuh Tri Arief Sardjono.

ITTelkom Surabaya sendiri memiliki 2 fakultas yakni Fakultas Teknik Elektro dengan 11 program studi, terdiri dari Teknik Elektro, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer, Teknik Industri, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Bisnis Digital, Data Sains, Informatika serta Teknik Logistik. Ada banyak inovasi yang ditorehkan ITTelkom Surabaya dari robot, bilik sterilisasi, face shield crane pemulasaran jenazah hingga lain sebagainya. Di dalam waktu dekat ini pula ada beberapa inovasi yang dipersiapkan untuk segera dilaunching.

“Saat ini adik-adik sedang mengembangkan truk listrik, vertical farming berbasis IoT, kemudian ada smart hospital self service machine yang memudahkan rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan awal bagi pasien. Kami juga ada grid system (solar, wind, fuel cell) untuk smart building. Selain itu banyak lagi prestasi mahasiswa kami baik dari kompetisi di dalam dan luar negeri maupun aktif dalam pengembangan inovasi.” jelas rektor yang kerap disapa Pak Arief ini.

Selain rektor ITTelkom Surabaya, Wakil Rektor III Ir. Tri Agus Djoko Kuntcoro, M.T. juga menambahkan.

“Kami memiliki banyak tawaran beasiswa seperti APERTI yang full membiayai dan ini silahkan dicoba. Di samping itu kami juga ada beberapa beasiswa lainnya seperti Sentosa untuk adik-adik yang memiliki nilai bagus selain itu memiliki prestasi di bidang olahraga maupun seniman dan lain sebagainya baik di tingkat nasional maupun internasional yang sudah kami tutup di bulan April. Kemudian ada beasiswa Unggulan dengan persyaratan rapot, kemudian ada beasiswa untuk ahli-ahli tertentu misalnya programmer wanita kemudian jurusan-jurusan yang cukup diminati, kemudian ada beasiswa lainnya serta beberapa diskon. Adapula beasiswa untuk anak-anak yang terdampak pandemi dan lain sebagainya.” jelas Tri Agus Djoko Kuntcoro.

Dr. Bambang Lelono Widjiantoro, S.T., M.T. selaku Wakil Rektor I memaparkan bahwa ITTelkom Surabaya tidak main-main dalam mempersiapkan mahasiswanya agar siap kerja ketika lulus nanti.

“Sesuai dengan jargon kami, siap kerja, kami tidak main-main dengan ini jadi pertama-tama menyiapkan bekal kursus Bahasa inggris jadi nanti di akhir tahun mahasiswa kami akan kami khususkan Bahasa inggris supaya TOEFL-nya mencapai nilai tertentu dan ini gratis namun apabila tidak lulus maka kursus selanjutnya yang harus berbayar. Kami juga bekerjasama baik dengan BUMN maupun swasta untuk menyelenggarakan program magang selama 6 bulan dan diperusahaan itu mereka akan dibayar selayaknya dibayar dan bagaimana kuliahnya? Nah ini bisa dikonversikan sebagai mata kuliah sehingga meskipun putra-putri magang tidak menghambat lama studi di bangku kuliah. Kami di kampus juga ada mata kuliah kewirausahaan supaya anak-anak kami mampu menjadi wirausaha di masa depan utamanya di bidang teknologi dan informasi.” jelas Bambang Lelono Widjiantoro.

Lebih lanjut acara ini dapat disaksikan melalui link berikut https://www.youtube.com/watch?v=j5Tr_-vI6ng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *