Qubisa Goes to Campus ITTelkom Surabaya: Self Leadership, Softskill Wajib Untuk Dimiliki

Qubisa Goes to Campus ITTelkom Surabaya: Self Leadership, Softskill Wajib Untuk Dimiliki

Surabaya, Juli 2021 – Self leadership atau dalam artian lain sebagai kepemimpinan diri adalah softskill yang perlu dimiliki setiap orang tak hanya para pemimpin. Ini juga merupakan bekal utama untuk bersaing di bursa kerja, pada Jumat 23 Juli 2021 ITTelkom Surabaya bekerjasama dengan Qubisa mengadakan webinar yang membahas mengenai topik ini.

Self leadership ini adalah bagaimana kita berusaha sebelum kita menjadi seorang leader maka kita harus mampu  memimpin diri kita sendiri. Saat itu saya di kampus diploma 4 dan banyak pengalaman berorganisasi dan darisana saya punya pengalaman leadership dan saya bekerja juga tidak lepas lagi. Kemampuan yang dimiliki hardskill terutama softskill harus terus dikembangkan sehingga kita mampu menjadi orang-orang yang berpengaruh.” Jelas Moch. Iskandar Riansyah selaku dekan FTE ITTelkom Surabaya dalam penjelasannya mengenai self leadership.

Self leadership sendiri memiliki 3 bagian yakni self leadership, leading other, lead organization. Menurut Charles C. Manz, seseorang yang memiliki self leadership yang bagus maka hasil pekerjaannya akan bagus entah untuk pekerjaan yang termotivasi secara natural maupun yang tidak termotivasi secara natural.

“Kemampuan mengendalikan diri terhadap apa yang akan dilakukan entah berbentuk verbal, teknis maupun perasaan itulah self leadership. Mengapa seseorang penting memiliki hal ini? Jelas karena kita mampu menguasai diri kita sendiri karena percuma memiliki kemampuan diluar sana namun tidak mampu memimpin diri sendiri. Bagaimana self leadership yang baik? pertama beraksi bukan bereaksi, memiliki kendali pikiran perasaan ucapan maupun Tindakan.” jelas Triyana selaku pembicara sekaligus LX Designer dan Performa Consultant.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *