Pengabdian Masyarakat: Website Pemasaran Dorong Penjualan Nasi Tiwul Malang

Sabtu 29 Mei 2021 lalu bertempat di Malang, Jawa Timur, tim pengabdian masyarakat ITTelkom Surabaya yang diketuai oleh Titus Kristanto membuat web pemasaran untuk mendorong penjualan serta mempermudah pembelian. Produk yang dimaksud ini adalah tiwul.

Tiwul merupakan makanan tradisional yang banyak ditemui didaerah Jawa. Biasanya tiwul mudah ditemui di kawasan Gunung Kidul, Wonogiri, Pacitan, dan sekitarnya. Makanan tradisional ini kerap dijadikan sebagai pengganti nasi. Sejak adanya pandemi Covid-19 mengubah pola konsumsi masyarakat menjadi lebih sering menggunakan teknologi, salah satunya pesan-antar makanan. Dilatar belakangi permasalahan tersebut, inisiasi pembuatan web pemasaran nasi tiwul ini dibuat.

“Web pemasaran ini dibuat agar pemilik dapat memasarkan produk nasi tiwul secara online. tidak hanya membuatkan websitenya saja namun juga kami adakan pelatihan serta pembinaan sehingga ke depannya pemilik nasi tiwul bisa mengunggah foto menu tiwul dan harga nasi tiwul di web pemasaran yang ada melalui media internet. Hal ini tentu saja memudahkan pembeli agar bisa langsung memilih menu nasi tiwul yang diinginkan melalui website.” jelas Titus.

Pelatihan ini diajarkan langsung bagaimana cara menambahkan dan memesan produk nasi tiwul agar lebih mudah. Tim pengabdian Skema PMBP ini sendiri terdiri dari Titus Kristanto (Ketua), Ayu Endah Wahyuni (Anggota), Dewi Rahmawati (Anggota), Muhammad Nasrullah (Anggota), Amanda Amalia dan Reza Arindra Fadillah (Anggota).

“Website ini bernama tiwulmalangsbr.com dan hampir selesai dengan mengembangkan beberapa fitur – fitur cara memesan nasi tiwul. Website tersebut terhubung dengan media e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, GoFood, dan Grab Food.” imbuh Titus.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.