Pelatihan E-Learning untuk Guru Se-Indonesia

Sabtu 27 Juni 2020 ITTelkom Surabaya mengadakan pelatihan online yang mengusung tema e-learning training for teachers diikuti oleh para guru SMA/SMK seluruh Indonesia dan dipandu oleh dosen-dosen elektro ITTelkom Surabaya. Pelatihan ini diadakan untuk memberikan penjelasan kepada para guru bagaimana memaksimalkan metode pengajaran jarak jauh yang mana sangat berguna untuk diterapkan pada kondisi pandemik Covid-19 seperti saat ini. Ada beberapa pilihan platform yang dapat digunakan dalam mengkolaborasikan pembelajaran jarak jauh dengan siswa di rumah.

Materi pertama disampaikan oleh Lora Haula selaku dosen elektro ITTelkom Surabaya mengenai pembelajaran online dengan menggunakan platform google classroom. Platform satu ini sudah sering digunakan untuk melakukan pengajaran jarak jauh sejak Google Classroom terintegrasi dengan fitur Google Dokumen dan Google Drive yang membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih produktif. Lola menjelaskan kembali bagaimana cara menggunakan Google Classroom secara mendetail sehingga mempermudah para guru memaksimalkan penggunaannya dalam proses pembelajaran jarak jauh.

Pilihan metode pembelajaran jarak jauh lainnya yakni dapat menggunakan platform Google Hangouts Meet yang mana dapat digunakan tidak hanya melalui PC namun juga Smartphone tanpa menginstal aplikasi apapun.

“Melalui Google Meet ini dapat mengundang hingga 260 orang per meeting dimana jika pengguna menggunakan edisi GSuite Enterprise maka kata sandi pengguna akan terlindungi. Sementara itu pengguna dapat berbagi layer untuk menyajika dokumen, spreadsheet atau presentasi dan masih banyak lainnya.” ujar Isa Hafidz selaku pemateri ke dua.

Sebagai tambahan Mohammad Rian Iskandar selaku Kaprodi Teknik Elektro ITTelkom Surabaya juga menjelaskan lebih lanjut mengenai panduan mengintegrasikan Google Classroom dan Google Meet serta tools tambahan. Tidak sampai disana, pada pelatihan ini pun terdapat sesi tanya jawab antara peserta dengan pemateri sehingga materi yang disampaikan dapat lebih dimengerti.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.