Mengenal Lebih Dekat Software Engineering

Mengenal Lebih Dekat Software Engineering

Surabaya, September 2021 – Mengenal software engineering atau rekayasa perangkat lunak sebagai sebuah bidang yang mendalami mengenai cara pembuatan, pengembangan, pemeliharaan dan manajemen kualitas software. Di dalam webinar yang berlangsung kurang lebih dua jam ini akan mengupas secara lebih dalam mengenai software engineering. Acara yang digelar melalui Zoom pertama-tama dibuka oleh Dr. Helmy Widyantara, S.T., M.T. selaku dekan Fakultas Teknik Informasi & Industri.

“Menurut SWEBOK (Software Engineering Body of Knowledge) mengartikan software engineering adalah penerapan pendekatan sistematis, disiplin, terukur untuk pengembangan, operasi dan pemeliharaan perangkat lunak.” ujar Fidi Wincoko Putro, S.ST.,M.K.

Software engineering seringkali disalah artikan sebagai ilmu computer, kedua hal ini berbeda. Perbedaan itu terletak dimana ilmu computer lebih pada studi sistematis proses algoritma yang menjelaskan dan mentransformasikan informasi seperti halnya teori, analisis, design, efisiensi dan penerapan. Sedangkat perangkat lunka sendiri merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh computer itu sendiri. Data yang disimpan merupakan program yang dijalankan atas perintah maupun catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah.

Di Indonesia sendiri hanya ada 43 program studi bidang teknologi/teknik/rekayasa perangkat lunak dengan 27 jenjang S1 dimana 22 diantaranya masih aktif, salah satunya ITTelkom Surabaya. Program studi Rekayasa Perangkat Lunak di ITTelkom Surabaya memiliki Visi Keilmuan pada bidang kemaritiman, transportasi dan logistik yang berbasis teknilogi informasi dan komunikasi berstandar internasional untuk mendukung peningkatan daya saing bangsa Indonesia.

“Di Prodi Rekayasa Perangkat Lunak ITTelkom Surabaya ada beberapa bidang yang dipelajari antara lain perancangan dan arsitektur perangkat lunak, pembuatan perangkat lunak, pengajian dan penjaminan kualitas perangkat lunak, pemeliharaan dan evolusi perangkat lunaj, user interface and experience (UI/UX), manajemen proyek perangkat lunak, manajemen konfigurasi perangkat lunak dan bidang-bidang pendukung lainnya.” jelas Fidi.

Lulusan Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak nantinya akan menjadi IT professional, technopreneur dan akademisi serta peneliti.

Untuk lebih lanjut, SIIP ini dapat disaksikan melalui link berikut https://www.youtube.com/watch?v=1v65JqrXxlQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *