Mengenal Lebih Dekat Digital Broadcasting Bersama UKM Coder

Di era disrupsi atau 4.0 dimana dunia bergeser ke ranah digital juga dirasakan dalam bidang penyiaran. Dewasa ini penyiaran analog bergeser dan mulai dikenal adanya digital broadcasting atau penyiaran digital sebagai sebuah teknologi baru di dunia penyiaran. Mengenal lebih dekat mengenai ranah ini, Minggu 2 Mei 2021 UKM Coder memberikan webinar untuk UKM dan ORMAWA ITTelkom Surabaya yang bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan di bidang digital broadcasting.

Di dalam webinar ini pula diajarkan bagaimana seseorang dapat melakukan penyiaran secara digital mulai dari pengenalan awal, apa saja yang harus disiapkan, hingga jenis-jenis software encoder yang digunakan untuk live streaming.

“Jika berbicara mengenai digital broadcasting maka kita juga harus mengenal istirlah livestreaming. Istilah ini mengacu pada media streaming online yang direkam dan disiarkan secara real-time secara bersamaan yang sering disebut sebagai streaming.” jelas Reza Arindra, salah satu anggota UKM Coder yang juga menjadi pembicara di webinar ini.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian atau yang harus dipersiapkan ketika akan melaksanakan live streaming antara lain: planning alur live streaming, persiapkan tim yang mantan serta jobdesk yang jelas, observasi situasi kondisi lapangan yang akan live. Kemudian ada beberapa alat yang dibutuhkan yang pertama tentu internet yang mumpuni, lalu pastikan router yang digunakan sudah gigabit dan penerima LTE, kemudian siapkan pula Uninterruptible Power Supply (UPS), komputer yang kuat, kamera untuk live streaming, HDMI capture card yang handal, video switcher mempermudah hidup, mic yang bagus dengan suara yang ciamik, sound card audio yang baik serta lighting.

“Dan tidak lupa ini juga menjadi tools yang tidak boleh terlupakan, software live streaming. Ada beberapa tools/plugin software streaming yang dapat digunakan antara lain: NDI Tools, Virtual Cable, OBS Ninja dan H2R Graphic. Ada juga software streaming untuk Instagram yakni Stream On, onstafeed.me, Yello Duck dan IooIa.tv.” tambah Reza.