Mau Lanjut Kuliah? Eits! Ini Nih Prospek Jurusan Paling Dibutuhkan Di Masa Depan

Surabaya, Juni 2022 – Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri sudah di depan mata tapi kalian masih dilema mau melanjutkan Pendidikan di jurusan mana? Dewasa ini semakin banyak pilihan jurusan dan program studi yang ditawarkan. Tapi tahukah kamu kalau dalam memilih jurusan kalian juga harus melihat prospek kerja untuk tahu apakah jurusan yang kalian pilih memiliki lapangan kerja yang menjanjikan ke depannya?

“Belajar di perguruan tinggi memang tidak lepas dari rencana karir di masa depan. Terlepas dari minat dan bakat yang dimiliki, setiap orang tentunya sangat penting untuk memilih jurusan yang dibutuhkan di dunia kerja. Apalagi saat ini ketika era digital sudah mempengaruhi banyak hal, khususnya tentang bagaimana manusia bekerja.” Jelas Wahyu Andy, kepala bagian Admisi ITTelkom Surabaya.

Skill manusia saat ini juga sudah sangat kompetitif, jadi setiap orang harus memahami potensi dirinya. Setelah itu berusaha fokus dan konsisten untuk beradaptasi dengan banyak kondisi.

“Di antara banyak aspek penting untuk dipelajari di zaman sekarang, sebenarnya ada bidang yang prospeknya sangat bagus yaitu bidang bisnis dan teknologi.” Imbuhnya.

Andy menjelaskan bekal ilmu dan pengalaman tentang bisnis dan teknologi akan memiliki banyak peluang ke depannya, berikut penjelasan lebih lanjutnya:

Prospek Jurusan Kuliah yang Terkait dengan Bisnis dan Teknologi
Sebagai salah satu upaya realistis yang bisa dilakukan adalah memilih jurusan kuliah yang di dalamnya banyak belajar seputar bisnis dan juga teknologi. Khususnya untuk Anda yang lulus SMA ingin lanjut S1 atau lulusan D3 dan ingin mendapat gelar S1, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan kuliah di IT Telkom Surabaya.
IT Telkom Surabaya memiliki jurusan digital dengan prospek kerja yang bagus untuk masa depan. Berikut ini adalah fakultas dan jurusan yang ada di kampus IT Telkom Surabaya.

1. Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis
Di fakultas ini, mahasiswa belajar tentang pengembangan ilmu informatika dan teknik industri berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan fokus pada aplikasi di bidang industri maritim, transportasi, dan logistik untuk mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan.
Selengkapnya, inilah jurusan atau program studi yang ada di Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis
• Informatika: Belajar tentang keilmuan untuk pengembangan sistem cerdas dan teknologi terintegrasi internet.
Sistem Informasi: Belajar pengembangan sistem yang menunjang performa organisasi, serta mengembangkan aplikasi bisnis yang dibutuhkan di dunia global.
Teknologi Informasi: Menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.
Rekayasa Perangkat Lunak: Mendalami cara membuat software/aplikasi, termasuk untuk pemeliharaan, manajemen, serta manajemen kualitas.
Sains Data: Mempelajari cara mengolah dan integrasi data dengan formula matematika, statistika, ilmu pengetahuan alam, dan ilmu pengetahuan sosial.
Bisnis Digital: Mempelajari keilmuan yang mengintegrasikan antara bidang informatika, manajemen, ilmu pengetahuan alam serta ilmu pengetahuan sosial. Bidang ini memiliki prospek sangat bagus, misalnya di industri startup.

2. Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas
Di fakultas ini mahasiswa belajar tentang pengembangan teknologi elektronika yang berfokus di aplikasi untuk industri maritim, transportasi, dan logistik demi mendukung pembangunan nasional berkelanjutan.
Inilah jurusan atau program studi yang ada di Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas.
Teknik Telekomunikasi: Mempelajari segala aspek tentang bagaimana manusia berkomunikasi jarak jauh, terkait masalah sinyal, transmisi data, jaringan komputer, radio, dan teknologi radar.
Teknik Elektro: Belajar konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Teknik Komputer: Ini adalah gabungan antara ilmu komputer dan elektronika dalam pengembangan hardware, software, dan jaringan komputer, untuk mendukung otomasi industri.
Teknik Industri: Mempelajari bidang desain, perbaikan, dan pemasangan dari sistem integral yang terdiri dari manusia, bahan, informasi, peralatan dan energi.
Teknik Logistik: Mempelajari tentang perencanaan dan manajemen rantai pasok dan logistik berbasis teknologi informasi dan komunikasi di bidang maritim, logistik, dan transportasi.

Selain belajar akademik, tentunya mahasiswa bisa meningkatkan skill dan wawasan seputar bisnis dan teknologi dengan cara mengikuti perkembangan tren karier yang update. Setidaknya harus tahu pekerjaan apa yang dibutuhkan di era digital, lalu industri apa yang cocok dengan minat bakat masing-masing.

Setelah memahami banyak hal, maka langkah ke depan akan semakin mudah untuk dijalani. Jangan tunggu waktu lama, jika Anda baru mau masuk kuliah. Saatnya tentukan pilihan tepat untuk wujudkan impian. terdapat beragam jalur #SeleksiTanpaRibet yang bisa kamu pilih #DariRumahAja dengan klik smb.ittelkom-sby.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.