Masuk 10 Besar Solusi Digital, ITTelkom Surabaya Kembali Tuai Prestasi

ITTelkom Surabaya kembali menuai prestasi, kali ini melalui inovasi smart system sterilisasi udara pada ruangan tertutup dalam menghadapi kondisi new normal berbasis IOT dalam ajang Ayo Bikin Nyata 2020. Inovasi yang merupakan garapan dosen program studi teknologi informasi ITTelkom Surabaya ini berhasil tembus top 10 dalam kategori Buat Solusi Digital yang diadakan oleh Telkom Indonesia bekerjasama dengan telkom CDC.

Inovasi yang dikeluarkan adalah Healthy filter air conditioner yang merupakan sebuah eksternal filter atau disebut juga filter tambahan pada AC (Air Conditioner). Filter AC berfungsi sebagai proteksi tambahan agar virus dan partikel kecil dapat tersaring. Dengan begitu AC menghasilkan udara yang bersih dan sehat. Filter terdapat 3 layer, layer pertama yakni layer UV. UV yang digunakan dalam filter ini adalah filter UV-C yang dapat membunuh virus. Layer kedua yakni layer HEPA filter, filter ini dapat menyaring udara hingga partikel – partikel terkecil. Layer terakhir yakni layer karbon yang berfungsi untuk memurnikan udara.

Dan Healthy filter exhaust yang merupakan alat filtrasi tambahan yang terpasang pada exhaust. Filter ini berfungsi untuk menyaring udara dari luar yang masuk ke dalam ruangan. Dengan adanya filter ini, udara dalam ruangan akan menjadi bersih dan sehat. Filter ini terdapat 4 layer, layer pertama yakni layer UV. UV yang digunakan dalam filter ini adalah 2 buah filter UV-C yang dapat membasmi virus. Layer kedua yakni layer HEPA filter yang mampu menyaring udara kotor hingga partikel terkecil. Layer ketiga yakni layer karbon yang berfungsi untuk membuat udara yang dikeluarkan oleh exhaust menjadi netral dan lebih bersih. Layer terakhir yaitu filter mat yang berfungsi untuk menyaring partikel – partikel padat.

Prototype alat tersebut telah dibuat dalam jangka waktu 2 bulan, kedepannya akan di implementasikan berbasis IoT untuk memudahkan dalam pemanfaatan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat luas. Proyeksi ke depan apabila inovasi ini lolos pendanaan, akan di implementasikan pada UKM terdampak covid-19 yang mengharuskan karyawan berada di dalam ruangan untuk melakukan aktifitas dalam kondisi new normal. Sebelumnya, Ayo Bikin Nyata 2020 merupakan kompetisi berbasis partisipasi masyarakat untuk membentuk generasi muda yang memiliki rasa sosial tinggi, kompetitif, kreatif, dan aktif untuk menjadi bagian dari perubahan nyata untuk indonesia. Dimana di dalamnya ada Ada 3 Katergori yakni bantuan sosial berkelanjutan, buat solusi digital, dan bantu ekonomi masyarakat. Kategori yang diikuti buat solusi digital dimana program ini diharapkan dapat menjawab permasalahan digital yang diperlukan dalam era pandemi di mana adanya keterbatasan gerak dan tempat.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.