Manfaatkan Teknologi Sonar, ITTelkom Surabaya Berhasil Dongkrak Pendapatan Nelayan Kedung Cowek

Manfaatkan Teknologi Sonar, ITTelkom Surabaya Berhasil Dongkrak Pendapatan Nelayan Kedung Cowek

Surabaya, Oktober 2021 – Surabaya adalah sebuah kota besar yang memberikan harapan dan peluang pada penduduknya untuk berkembang meningkatkan kesejahteraan sementara itu menilik lebih jauh ke menuju pesisir pantai Surabaya, sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan, mereka menggantungkan hidupnya pada hasil laut. Kondisi dan letak geografis pantai kenjeran yang merupakan Kawasan pesisir pantai memberikan pengaruh besar bagi kehidupan masyrakat dalam lingkup kecamatan bulak. Sebagian besar masyarakat dengan profesi sebagai nelayan dan pedagang ikan bertempat tinggal di Kawasan perbatasan pantai, salah satunya terletak di kelurahan kedung cowek, seperti nambangan (terbagi menjadi nambangan dan nambangan perak) dan cumpat.

Cuaca tidak menentu menjadi factor penyebab sulitnya nelayan tradisional mencari ikan di laut belakangan ini. Ditambah keterbatasan peralatan dan ekonomi yang pas-pasan, nasib nelayan tradisional makin terpuruk karena tidak mampu bersaing dengan nelayan modern yang memiliki peralatan lengkap untuk menangkap ikan. Dengan menggunakan teknologi sonar diharapkan dapat membantu nelayan untuk mencari ikan secara efektif dan memaksimalkan hasil tangkapannya

Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ITTelkom Surabaya memberikan solusi dengan mengenalkan Manfaatkan Teknologi Sonar yang bisa mendeteksi keberadaan ikan didasar laut. Tim Pengabdian Masyarakat yang ITTelkom Surabaya Program Studi Teknik Telekomunikasi yang terdiri dari Nilla Rachmaningrum, Walid Maulana, Hamzah U. Mustakim dan dibantu dengan mahasiswa bryan Birzha marsono, Rian Gunawan, dan Miscbachul Munir memberikan alat dan pelatihan untuk mendeteksi ikan kepada nelayan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Surabaya

“Kami memberikan pelatihan mengenai Manfaatkan Teknologi Sonar, pengoperasian alat pendeteksi ikan dan ujicoba alat pendeteksi ikan. Pada saat kegiatan pengabdian kepada masyarakat juga dilakukan serah acara serah terima alat pedenteksi ikan untuk masyarakat kenjeran yang diwakili oleh Ketua RW II, Kel Kedung Cowek, Kec. Bulak Surabaya, Bapak Samsiadi Santoso.” jelas Nilla Rachmaningrum.

Dengan adanya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ITTelkom Surabaya Program Studi Teknik Telekomunikasi ini diharapkan hasil tangkapan ikan nelayan semakin banyak, kesejahteraan hidup nelayan semakin baik dan mampu bersaing dengan nelayan modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *