Kenal Lebih Dekat IEEE Melalui Workshop Penyelenggaraan International Conference Terindex IEEE

Kenal Lebih Dekat IEEE Melalui Workshop Penyelenggaraan International Conference Terindex IEEE

Penelitian yang dihasilkan oleh seseorang baik dalam lembaga penelitian maupun di Perguruan Tinggi haruslah menghasilkan output baik berupa jurnal maupun konferensi. Salah satu wadah dalam menyelenggarakan konferenci yang baik atau terindex khususnya bagi peneliti di bidang teknik yakni IEEE. IEEE merupakan suatu organisasi yang biasanya mempublikasikan jurnal-jurnal internasional yang memiliki kepanjangan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dengan bidang mulai dari industri, rekayasa, telekomunikasi, jaringan computer, kelistrikan, antariksa dan elektronika. Jumat 21 Mei 2021 ITTelkom Surabaya mengadakan workshop bertakjub International Conference Terindex IEEE melalui Zoom..

Ir Endra Joeliantor, Ph.D., SMIEEE selaku coordinator IEEE Indonesia serta pembicara dalam workshop ini menjelaskan pengertian IEEE sebagai, “Suatu masyarakat yang nonprofit dan saat ini merupakan asosiasi bidang Teknik (elektro) yang memiliki perwakilan leibh dari 190 negara dengan jumlah anggota lebih dari 423.000 anggota. Ada lima aktivitas utama yaitu publikasi, penyelenggaraan konferen, menghasilkan standar contoh 802, bagaimana memberikan anggota yang bergabung dan memberikan e-learning. Misi IEEE sendiri yakni bagaimana melakukan inovasi teknologi dan excellency untuk kemanfaatan bagi kemanusiaan.”

Kualitas adalah kunci untuk mempertahankan reputasi IEEE sehingga apabila ingin memasukkan jurnal penelitian harus memenuhi standar IEEE terutama dalam bahasa karena paper atau jurnal yang di submit dalam Bahasa Inggris. Selain itu dalam penyelenggaraan conference maka diperlukan similiarity check karena cek plagiasi di IEEE sangat ketat. Selanjutnya pay to publish atau dimana author harus bersedia untuk hadir dalam conference karena di IEEE mengharapkan adanya interaksi. Ada pula paper stuffing dimana 1000 papers dari konferensi namun pengunjungnya hanya 100 nah ini tidak diperbolehkan. Ada juga proceedings hijacking dan self citation and reference stacking, no refrence atau dimana paper tersebut tidak memiliki sitasi dari paper IEEE, minimal research or technical constribution, short papers (1 or 2 pages), conference cannot be considered as “International” with only local participation.

Ada beberapa konten yang dikategorikan dalam IEEE antara lain: Aerospace; Bioengineering; Communication, Network & Broadcasting; Components, Circuits, Devices & Systems; Computing & Processing (Hardware/Software); Engineered Materials, Dielectrics & Plasma; Engineering Profession; General Topics For Engineers (Math, Science & Engineering); Geoscience; Nuclear Engineering; Photonics & Electo-Optics; Power, Energy Industry Applications; Robotics & Control Systems; Signal Processing & Analysis; Transportation; Fields, Waves & Electromagnetics.

Di sisi lain, dalam sambutannya rektor ITTelkom Surabaya menyampaikan betapa pentingnya output penelitian dan mengharapkan civitas akademika ITTelkom Surabaya dalam menyelenggarakan conference terindex.

“Ini ada kaitannya juga dengan poin dan koin saat kita melakukan penelitian, salah satu outputnya di jurnal atau conference. Sangat seru sekali kalau conferencenya di index. Conference terindex tereputasi itu 7,5 cukup besar. Tentunya sebagai bagian yang secara aktif menyelenggarakan sangat penting jadi bagaimana kita bisa menyelenggarakan terindex, barangkali kita bisa join conference. Saya kira itu yang paling penting, selamat atas penyelenggaraan workshop pagi ini.” ujar Tri Arief Sardjono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *