TENTANG SURABAYA

Surabaya bukan hanya terkenal dengan keindahan bunga tabebuyanya saja. Berkunjung ke kota pahlawan tersebut memungkinkan untuk mengunjungi tempat wisata Surabaya yang lebih beragam. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata unik yang Instagramable, wahana permainan, eko wisata, aneka wisata malam, wisata belanja, hingga wisata kuliner khas Surabaya. Selain itu tingkat pendidikan di surabaya cukup pesat, tidak salah jika banyak pendatang yang memilih melanjutkan studinya ke perguruan tinggi favorit di kota ini.

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) terletak di Jalan Setail No. 1 Surabaya. Kebun binatang ini terkenal dan menjadi salah satu tujuan rekreasi yang sangat membanggakan karena menjadi kebun binatang terbesar di Asia Tenggara.

Ada lebih dari 351 spesies dan lebih dari 2000 hewan hidup di kebun binatang ini. Salah satu diantaranya adalah termasuk spesies asli Indonesia dan yang terancam punah di dunia, baik Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces.

Lokasi kebun binatang ini cukup terkenal karena terletak di depan patung “Suroboyo”, yang merupakan ikon dari Hiu dan Buaya yang melambangkan kota Surabaya. Selain itu, KBS juga mudah dijangkau karena dekat dengan terminal Joyoboyo.

WISATA SEJARAH

Memiliki beberapa kampus favorit hingga kantor kantor bergengsi, menjadikan Surabaya juga banyak dihuni anak kosan. Kota yang kental akan sejarah ini juga menawarkan banyak destinasi wisata yang bisa membawamu pada nostalgia masa lalu. Untuk kamu yang menghuni kost Surabaya, berikut beberapa tempat bersejarah di kota Pahlawan yang bisa kamu sambangi. Contoh Gedung Siola (Museum Surabaya), Tugu Pahlawan, Monumen Kapal Selam, Museum House of Sampoerna.

KULINER DAN HIBURAN

Beragam pilihan kuliner khas Surabaya yang lezat dengan harga terjangkau mudah ditemukan di warung, kafe, mal atau bahkan pasar tradisional lokal di Surabaya. Beberapa kuliner khas kota Surabaya diantaranya adalah Rujak Cingur, Rawon Setan, Pecel Semanggi Suroboyo, Lontong Kupang, Lontong Balap dan masih banyak lagi makanan lainnya. Selain menyediakan masakan khas Surabaya, banyak restoran dan kafe di Surabaya yang juga menyajikan berbagai makanan dan seluruh Indonesia dan bahkan makanan internasional.

Selain itu, untuk melepaskan diri dari kegiatan akademik rutin, Surabaya menawarkan banyak pilihan tempat hiburan seperti tempat belanja, tempat bersantai atau nonton film di bioskop.

BIAYA HIDUP

Institut Teknologi Telkom Surabaya menyadari bahwa fasilitas dan kota menjadi salah satu komponen yang penting dalam mendukung kenyamanan tinggal dan menentukan keberhasilan kegiatan belajar mahasiswa.

Biaya hidup mahasiswa di Surabaya juga terbilang murah dan terjangku. Rata-rata biaya indekos ada dikisaran harga 300 – 500 ribu rupiah perbulan. Untuk biaya sekali makan di warung makan hanya sekitar 7.000 – 12000 rupiah. Untuk kebutuhan laundry pakaian cukup dengan harga 3.500 – 5.000 rupiah perkilonya. Untuk biaya transportasi angkutan umum berkisar di harga 5.000 rupiah. Dan apabila butuh hiburan atau kenyamanan, rata rata mengeluarkan uang antara 20.000 50.000 rupiah.

TRANSPORTASI

Kota Surabaya bisa diakses dengan mudah dari kota-kota besar lainnya melalui bandara, stasiun kereta api dan terminal bus. Berikut gambaran estimasi jarak dari moda transportasi umum tersebut ke kampus Institut Teknologi Telkom Surabaya

Keterangan Estimasi Jarak

21,3 km (+/- 28 menit)

Dari Bandara Juanda

700 m (+/- 8 menit)

Dari Stasiun Margorejo

1,5 km (+/- 10 menit)

Dari Stasiun Wonokromo

1,6 km (+/- 15 menit)

Dari Terminal Joyoboyo

1,3 km (+/- 12 menit)

Dari Terminal Wonokromo