Surabaya, Januari 2022 – Menurunnya kasus COVID-19 pada saat ini, membuat berbagai institusi menyesuaikan keadaan, tak terkecuali perguruan tinggi. Sistem pembelajaran daring sedikit banyak telah berpengaruh terhadap mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan.
Apalagi jika kegiatan praktikum yang memerlukan lebih banyak interaksi dan juga kegiatan praktik langsung, tentu agak sulit dilaksanakan secara daring. Mahasiswa pun sudah mulai jenuh dan kangen ingin segera belajar di kampus.
Melihat kondisi tersebut, Institut Teknologi Telkom Surabaya sudah mulai bergerak memberlakukan perkuliahan dengan sistem hybrid sejak tahun 2021. Sistem pembelajaran hybrid merupakan penggabungan kuliah tatap muka (luring) dan kuliah daring.

Kelengkapan sarana dan prasarana kampus untuk mendukung pembelajaran hybrid telah dilengkapi. Penasaran? Yuk kita tengok fasilitas pendukung apa aja sih untuk persiapan kuliah hybrid di ITTelkom Surabaya.
• Penunjang protokol kesehatan
Guna menjaga kesehatan dan kenyamanan para mahasiswa, maka seluruh dosen dan staff di ITTelkom Surabaya telah menjalani program vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Mahasiswa yang datang ke kampus juga perlu mendapatkan ijin dari orang tua.

Sebelum masuk ke kampus, mahasiswa harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh kampus. Pertama, mahasiswa harus mencuci tangan di wastafel yang sudah disediakan. Kedua, mahasiswa harus cek suhu dan scan aplikasi PeduliLindungi di lobby kampus. Setelah itu, akan diarahkan oleh petugas untuk menuju ke kelas. Di setiap kelas dan beberapa sudut kampus juga telah disediakan hand sanitizer dan petunjuk untuk menjaga protokol Kesehatan.

• Perkuliahan dengan Smart Class
ITTelkom Surabaya telah menyediakan fasilitas smart classroom. Dimana terdapat layar TV berukuran besar dan juga perangkat pendukung perkuliahan daring, seperti webcam, drawing pad, wireless microphone dan yang pasti internet berkecepatan tinggi.

Sehingga mahasiswa yang ikut belajar dari rumah tetap bisa mengikuti perkuliahan dan bisa berinteraksi langsung dengan teman ketika berada di kelas. Laboratorium dan fasilitas penunjang seperti perpustakaan juga telah dibuka aksesnya bagi mahasiswa.

• Fasilitas rutin disterilkan
Sebagai upaya untuk menjaga kebersihannya, petugas dari Institut Teknologi Telkom Surabaya rutin melakukan sterilisasi berbagai fasilitas di kampus secara berkala, terutama kelas dan laboratorium.
Gimana sudah ada bayangan belum perkuliahan hybrid-nya seperti apa? Kalau pengen liat lebih jelasnya kamu bisa nonton di video berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=6VY_V6SamnI

Yuk jadi generasi tangguh agar terus bisa bertumbuh bersama kampus milenial ITTelkom Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *