Hibah Inovasi: Penyerahan Crane Pemulasaran Jenazah di Dinkes Gresik

Hibah Inovasi: Penyerahan Crane Pemulasaran Jenazah di Dinkes Gresik

Selasa 4 Mei 2021 bertempat di Dinas Kesehatan Gresik, ITTelkom Surabaya kembali menyerahkan Crane Pemulasaran Jenazah sebagai bentuk kepedulian serta upaya dalam menangani pandemi Covid-19. Penyerahan ini disambut langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Gresik, drg. Saifudin Ghozali didampingi oleh dr. Rini Sulistyoasih selaku Kabid. Sumber Daya Kesehatan.

Di dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik menyampaikan sukacitanya atas hibah inovasi ini,

“Kami Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap bantuan berupa inovasi yang luar biasa. Ini sangat bermanfaat bagi kita dan akan segera kita gunakan, terhadap inovasi ini tadikan juga dibilang kalau jika ada apa-apa akan kita report dan kita uptodate. Sekali lagi terima kasih dan semoga inovasi ini bisa berguna dan tepat untuk masyarakat terutama di Indonesia.” jelas drg. Saifudin Ghozali

Crane Pemulasaran Jenazah adalah inovasi yang muncul di tengah pandemi yang dilatar belakangi oleh kesulitan yang dialami tenaga kesehatan dalam proses pemulasaran jenazah. Alat inovasi ini juga sudah memiliki tiga versi 1.0, 2.0, dan 3.0 dimana cran pemulasaran jenazah ini lolos kompetisi Ideathon serta berhasil mendapatkan dana hibah dari Kemenristek Brin.

Di kesempatan yang sama, Helmy Widiantara selaku Dekan Fakultas Informasi dan Industri, mengungkapkan jika alat ini juga sudah siap produksi massal, “Inovasi ini juga sudah menggandeng industri mitra, jadi kami siap apabila harus membuat dalam skala lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan Lembaga Kesehatan dalam melakukan prosesi pemulasaran jenazah.”

Sebelumnya Crane Pemulasaran Jenazah juga telah diserahkan pada Rumah Sakit Airlangga pada bulan Februari 2021 dan Rumah Sakit Sidoarjo pada bulan Maret 2021 serta menyusul satu rumah sakit lainnya yang masih dalam proses koordinasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *