Gimana Sih Agar Apel Tetap Awet dan Kinclong Sebelum Sampai ke Distributor? Yuk Intip! ITTelkom Surabaya Punya Caranya

Beberapa produsen apel yang ini mendistribusikan produknya seringkali dipusingkan tentang bagaimana apel mereka bisa tetap awet dan penampilannya tetap terjaga seperti ketika baru dipanen. Menengok permasalah ini, ITTelkom Surabaya punya jawabannya. Dengan menggunakan Fruit Light Sterilization yakni alat inovasi terbaru yang bisa membuat buah apel memiliki kesegaran yang tahan lama. Hah? Inovasi lagi inovasi lagi? Memang ya kampus sejuta inovasi ini tidak pernah ada matinya.

Fruit Light Sterilization merupakan sebuah alat yang dilengkapi dengan teknologi sinar UV-C dengan tujuan memperpanjang umur dan memperindah penampilan dari buah apel malang. Alat ini juga menggunakan logika fuzzy yang dapat mendeteksi tingkat kematangan buah apel malang berdasarkan tingkat kematangan maupun kandungan air pada buah untuk menentukan lama waktu penyinaran sinar UV-C tersebut.

Fruits Light Sterilization berukuran panjang 350 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 120 cm. Ini sistem bertujuan memiliki dua konveyor yang berbeda, yaitu Roller Conveyor dan Chain Conveyor. Roller Conveyor memiliki panjang 230 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 120 cm, sedangkan Chain Conveyor memiliki panjang 120 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 120 cm. Ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu adalah UV-C Chamber dan Beeswax Chamber. “Keuntungan penggunaan Fruit Light Sterilization adalah Kombinasi antara UV-C dan lilin lebah jarang terjadi, sistem yang diusulkan ini mampu melakukan proses iradiasi secara otomatis dengan sendirinya, karena bantuan AI, sistem yang diusulkan ini juga dikontrol oleh pengguna melalui layar sentuh LED, pada sistem ini memiliki ruang dengan kapasitas yang banyak kemudian dilakukan proses penyinaran mampu menangani banyak buah. Ruang ini dapat menampung hingga 64 orang buah / proses.” jelas Farah Zakiyah Rahmanti selaku kepala program studi Teknologi Informasi.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.