Gathering dan MoU Bersama Mitra Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ITTelkom Surabaya

Surabaya, Januari 2023  – Kamis 12 Januari 2023, dalam menjalin hubungan baik antara dengan beberapa mitra, LPPM ITTelkom Surabaya mengadakan acara gathering di kampus ITTelkom Surabaya. Kegiatan ini dihadiri oleh Wijanarko, S.T. (Direktur PT Ansa), Drs. Edy Hermawan, M.M. (Kepala Unit Pelaksana Teknis Puspa Lebo, Wiliam Sutera (Owner Rinjani Koi Farm), Moh Noor Al Azam, S.Kom., M.Kom. (Direktur Radnet), James (PT Mobil Listrik Indonesia), Sujipto (PT GLOBAL MOLINDO), Rosnida Rochmah (Manager Shared Service HC & Finance Telkom Witel Surabaya Selatan), Rizal Udin Firman Hidayat, SE., MM. (Direktur Utama PT. Hidynamix Mitra Solusindo), dan Rangga Galih Pratama (PT Ternakesia)

Selain menjalin silaturahmi dengan mitra, di dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan PT Ansa, Radnet, serta PT. Hidynamix Mitra Solusindo. Meningkatkan link and match antara insitusi pendidikan serta mengagas kerjasama Kedaireka matching fund.

Di dalam sambutannya, rektor ITTelkom Surabaya, Dr. Tri Arief Sardjono S.T. M.T menjelaskan secara sekilas company profile ITTelkom Surabaya serta kaitannya dengan kerjasama Kedaireka yang diharapkan dapat berjalan antara mitra, “ITTelkom Surabaya baru berdiri 4 tahun dan berada di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dimana Telkom University yang paling tua, ada ITTelkom Purwokerto, ITTelkom Jakarta kemudian ada ITTelkom Surabaya. Ada juga institusi pendidikan mulai dari Paud juga. ITTelkom Surabaya memiliki blueprint dimana berstandar internasional berbasis ICT yang berfokus ke maritim, transportasi, dan logistik yang saat ini akreditasinya Baik. Dimana semua mahasiswa ini dikaitkan dengan kegiatan Tridarma mulai dari penelitian hingga pengabdian masyarkat. Saat ini program Kedaireka matching fund sendiri merupakan wadah yang kami ingin selenggarakan bersama para mitra industry.” Jelasnya.

Sebelumnya Kedaireka matching fund sendiri kolaborasi dan sinergi strategis antara insan Perguruan Tinggi (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak mitra. Lebih lanjutnya. Susijianto Tri Rasmana, ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ITTelkom Surabaya menjelaskan bahwa Kedaireka merupakan kesempatan besar untuk membuat kerjasama inovasi antara Lembaga pendidikan tinggi dengan industry.

“Kedaireka matching fund ini sudah dibuka saat ini dimana ini adalah kesempatan besar bagi kita untuk membuat kerjasama inovasi karena Kedaireka akan memberikan dana padanan dari pemerintah melalui Kemendikbudristek terhadap dana kerjasma perguruan tinggi dengan industri. Sehingga hasil penelitian perguruan tinggi tidak hanya menghasilkan jurnal dan paper namun juga membuahkan sebuah alat inovasi yang bermanfaat.”

Tujuannya sendiri yakni terbentuknya ekosistem kolaborasi yang lebih erat dan terakselerasi antara kampus dengan mitra DUDI, insitusi pemerintahan, dan maasyarakat. Dan mendorong terjadinya kerjasama yang saling menguntungkan antara pihak perguruan tinggi dengan mitra.

Kedaireka sendiri memiliki dua skema matching fund, yakni:

  1. Kemitraan untuk hilirisasi inovasi hasil riset atau kepakaran.
  2. Kemitraan dalam pemberdayaan masyarakat efifsiensi tatakelola pemerintahan.