Exploring Holland: Rektor ITTelkom Surabaya Berbagi Pengalaman Belajar di Belanda

Jumat 5 Februari 2021 rektor ITTelkom Surabaya, Dr. Tri Arief Sardjono, S.T., M.T. menjadi salah satu pembicara di Iro-Society dengan tema acara yakni Exploring Holland. Di dalam acara ini, sebagai alumni University of Groningen Tri Arief Sardjono melakukan sharing pengalamannya selama tinggal dan mengenyam pendidikan di Belanda di mana acara ini digelar sebagai wadah berbagi pengalaman yang diikuti oleh lebih dari 180 orang peserta dari seluruh Indonesia hingga Belanda.

“Saya kuliah di Groningen 4 tahun lebih untuk gelar PhD, pertama kali datang di tahun 2003 pada musim dingin. Secara keseluruhan dari pengalaman itu saya belajar bahwa seseorang yang mampu beradaptasi akan berhasil.” jelas Tri Arief Sardjono.

Perjalanan studi Tri Arief Sardjono sendiri di mulai dari S1 di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) kemudian lanjut S2 di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan mengambil PhD di University of Groningen. Saat ini selain menjabat sebagai rektor ITTelkom Surabaya, Tri Arief Sardjono juga merupakan dosen Departemen Teknik Biomedika ITS. Ada banyak hal yang dibagi dalam sharing session ini mulai dari makanan, musim, kebiasaan orang Belanda hingga pengalaman selama perkuliahan hingga sidang S3-nya berlangsung.

“Mentor saya meminta saya untuk menggunakan pakaian tradisional Indonesia dalam sidang S3, dibantu dengan rekan saya mencari blankon dari langsung dari Jogja. Pada saat sidang tidak hanya pakaian beskap saja tapi disana saya juga membawa keris asli yang ditempatkan di belakang punggung, persis sama seperti pakaian kraton.” ujar Tri Arief Sardjono dengan tawa renyah di sela-sela penjelasannya.

Hal lain yang menjadi highlight dalam penjelasannya yakni mengenai perbedaan antara ketertarikan dan komitmen:‘when you are interested in doing something, you will do it only when it is convenient, when you are committed to something, you accept no excuse; only results.’ Selain itu beliau juga menyampaikan 

Di sisi lain, Iro Society merupakan wadah yang menggelar kelas online bernama Iro-online class guna meningkatkan kemampuan serta mengasah para partisipan tentang ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan secara online melalui Zoom.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Informasi Pendaftaran