Mengenal Lebih Dekat Big Data

Dewasa ini sebagaimana yang kita tahu bahwa dunia telah bergeser menjadi serba digital dan istilah mengenai big data tidak lagi asing. Menanggapi hal ini, Institut Teknologi Telkom Surabaya pada hari Minggu 21 Maret 2021 mengadakan workshop mengenai Big Data melalui Zoom dan live di kanal Youtube  ITTelkom Surabaya.

“Ini merupakan rangkaian acara FTII yang rutin diadakan untuk membantu mahasiswa mencapai kompetensi keilmuannya. Semoga ilmu yang didapat dari acara ini dapat dimanfaatkan dengan baik.” ujar Khodijah Amiroh selaku Wakil Dekan FTII ITTelkom Surabaya dalam sambutannya.

Bicara big data maka secara general menggambarkan volume, di mana big data atau text mining diartikan sebagai data yang sangat besar baik terstruktur maupun tidak terstruktur yang membanjiri bisnis sehari-hari di sisi lain big data dapat juga dipahami untuk dasar analisa dalam mengarahkan keputusan atau strategi bisnis yang lebih baik.

“Big data sangat erat kaitannya dnegan data mining, data mining sendiri bagaimana dari data yang mess kita gunakan untuk mendapatkan informasi dari sana. Teks mining juga memiliki banyak ragam tergantung jenis data, nah teks mining ini adalah salah satu topik khusus dalam big data. Jadi bagaimana kita menambang atau menggali informasi dari data.” jelas Arliyanti Nurdin sebagai pembicara sekaligus dosen Teknik Informasi ITTelkom Surabaya.

Tujuan dari text mining adalah untuk menganalisis atau memproses semi strukture unstrusture data menjadi structure data menjadi numeric menggunakan algoritma analitik tertentu sehingga mengubah text data menjadi high quality data untuk mengoptimalkan keputusan. Aplikasi text mining bisa summary dari data, kategorisasi teks, keyword tag, sentiment analysis, and social media analysis seperti menganalisa berapa banyak jumlah post, likes dan follower dari sebuah brand untuk mengerti reaksi orang-orang yang berinteraksi dengan brand dan konten online.

Analisis teks dapat digunakan dibanyak bidang bisa di manufaktur, pemerintahan, institusi keuangan, retail, hukum, Kesehatan, telekomunikasi, life sciences dan asuransi. Di perusahaan sendiri, aplikasi analisa teks dilakukan untuk market research: menemukan consumers value, complain kostumer dengan menganalisa produk baru yang idela, keuntungan kompetitive dengan melihat bagaimana kompetitor dan analisa iklan personal. Alur kerja text mining yakni dari collection, preprocessing, feature extraction, model building, machine learning based model and mode evaluation.

Detail workshop dapat diakses melalui kanal Youtube ITTelkom Surabaya atau link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=RIK9qlaugFU

Leave A Reply

Your email address will not be published.