Kuliah Tamu Teknik Telekomunikasi, Sharing with the Expert: Tesla Senior Data Analist

Kamis 3 Juni 2021 Program Studi Teknik Telekomunikasi mengadakan kuliah tamu dengan pembicara Tita Ristanto, MSc yakni salah satu expert yang saat ini bekerja sebagai Senior Data Analist di Tesla, Inc. Pada kuliah tamu ini ada beberapa topik yang diangkat yakni Energy and Artifical Intelligence (AI) dan pengalaman belajar serta bekerja di Amerika.

“Sebelum membahas energi the history and the future of disruptions, dimana adanya transisi dari penggunaan minyak menuju gas. Well, di masa depan, motivasi menuju transisi energi tidak hanya masalah perubahan iklim, tetapi juga alasan ekonomi murni: sumber energi terbarukan seperti angin dan matahari akan lebih murah daripada energi bahan bakar fosil.” jelas Tita Ristanto.

Tren energi masa depan paling dominan terdiri dari dua yakni desentralisasi dan demokratisasi, “Di masa depan rumah kita bisa menjadi sumber energi untuk dikonsumsi bahkan bisa menjualnya, jadi dimasa depan itu akan menjadi lebih desentralisasi dan juga demokratisasi dimana tidak harus dimiliki orang-orang yang kaya yang investasi besar di energi tapi kita juga bisa.” tambah Tita Ristanto.

Bergeser pada pembahasan AI, di jaman dulu orang-orang masih begitu konvensional dan saat ini semua mulai digantikan dengan sesuatu yang lebih efektif. Contohnya pertanian, orang-orang di Amerika sudah tidak mencangkul lagi mereka sudah mulai menggunakan alat-alat yang mempermudah pekerjaannya.

Konteks otomatisasi yang lebih luas- Revolusi industri ke-4 & peran energi terdiri dari pengembangan energi: sumber daya energi terdistribusi, sensor dan IED, dan manajemen permintaan. Adapula teknologi yang muncul: kecerdasan buatan, blockchain dan robotika. Di masa depan, perangkat yang secara otomatis mendeteksi tingkat permintaan di jaringan dan mengurangi daya dapat didukung oleh AI dan direkam oleh blockchain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.