Data Analitik Susah? Cari Tahu Lebih Lanjut Bersama ITTelkom Surabaya

Program Studi Tekni Elektro mengadakan kuliah tamu yang dibuka dengan sambutan oleh Dekan Faluktas Teknik Elektro Purbandaru Kusuma serta pemateri utama bapak Alamsyah seorang matematikawan yang berfokus pada riset operasi dan machine learning yang berprofesi sebagai data scientist di Gojek Indonesia. Materi awal dimulai dengan penjelasan mengenai big data, big data sendir dalah kumpulan data yang lebih besar dan lebih kompleks terutama daei sumber baru dimana hal ini akan bermuara pada pembahasan mengenai machine learning.

Machine learning adalah bagian dari AI pada ilmu computer dan sering kali menggunakan Teknik statistic untuk memberikan computer kemampuan belajar dengan data tanpa membutuhkan program yang ekplisit. Dimana machine learning bisa kita asumsikan sebagai anak yang dapat kita ajari mereka menggunakan data.“ jelas Alamsyah.

Machine learning memiliki dua jenis yang paling sering muncul yakni supervised dan unsupervised, namun ada juga reinforcement learning dimana perbedaannya ibarat anak kecil yang sedang belajar ada tiga jenis cara belajar dimana unsupervised diasumsikan ketika anak kecil tidak ada yang membimbing banyak hal atau dalam hal ini machine learning hanya berguna mengelompokkan data. Sementara supervised diberikan instruksi yang jelas sejak awal sepeti apa yang perlu dipelajari dan bagaimana itu perlu dipelajari dimana alogaritma pembelajaran ini juga bisa digunakan perusahaan pemasaran untuk mengetahui pelanggan mana yang cenderung berpindah brand atau dapat juga digunakan untuk memprediksi kemungkinan terjadinya gempa dan lain sebagainya. Jenis ketiga yakni reinforcement learning dimana mesin dilatih untuk mengambil keputusan spesifik berdasarkan kebutuhan dengan tujuan utama, sebagai contoh model ini melatih dirinya secara terus menerus berdasarkan lingkungan yang dipengaruhinya. Ada banyak kegunaan machine learning dari mengetahui prilaku konsumen, mengetahui mana konsumen yang berani membayar lebih mahal, mana konsumen yang akan berhenti menggunakan produk, mengetahui potensi market terhadap inovasi produk baru dan sebagainya, Machine learning ini sangat berguna di banyak bidang seperti olah raga, politik, maritime, Pendidikan, dan lain sebagainya.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.