Warning: file_get_contents(https://idealokagallery.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/favicon-Tel-U-text-animated.gif): Failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 520 in /www/wwwroot/surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-includes/functions.php on line 3334

Warning: file_get_contents(https://idealokagallery.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/favicon-Tel-U-text-animated.gif): Failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 520 in /www/wwwroot/surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-includes/functions.php on line 3334

Ciptakan Aplikasi Pencatatan Otomatis, PKM ITTelkom Surabaya Bantu Pengusaha Depo Air Minum Isi Ulang di Mojokerto

 

Surabaya, September 2022 – Kebutuhan air minum yang bersih merupakan kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan air bersih dijawab dengan adanya depo air minum isi ulang yang menyediakan air bersih dengan harga terjangkau. Seiring dengan tingkat kebutuhan konsumsi air bersih, permintaan yang banyak masih belum bisa dilayani dengan maksimal dikarenakan proses pemesanan yang masih dilakukan secara manual.

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada 23 Juli 2022, ITTelkom Surabaya memberikan inovasi dengan menciptakan aplikasi bergerak untuk pemesanan air minum isi ulang. Aplikasi bergerak tersebut dimaksudkan untuk dapat mengelola pemesanan pada depo air minum isi ulang.

Rokhmatul Insani, S.T., M.T selaku ketua pelaksana menjelaskan, “Program ini kami laksanakan di daerah Mojokerto dan bekerja sama dengan UMKM daerah setempat juga. PKM ini dimulai dengan proses pembuatan aplikasi bergerak kemudian dilakukan sosialisai pemakaian aplikasi kepada mitra.”

Kegiatan ini beranggotakan 3 dosen ITTelkom Surabaya yakni Rokhmatul Insani, S.T., M.T. selaku ketua, Muhammad Nasrullah, S.Kom., M.Kom., Noerma Pudji Istyanto, S.Kom., M.Kom., serta dua orang mahasiswa Tyrela Disya Arivani (Sistem Informasi 2019) dan Tasya Andini Tesalonika (Sistem Informasi 2019). Penerapan aplikasi dimulai dari Depo Bahagia dimana pengerjaannya sendiri memakan waktu 6 bulan.

“Berangkat dari kendala pengelolaan sistem manual dimana masih sering terjadi kesalahan manusia dalam prosesnya, kami mulai membuat aplikasi bergerak mulai dari perancangan dan implementasi hingga menyelenggarakan sosialisasi alat. Berdasarkan sosialisasi tersebut pemilik depo merasa terbantu dengan aplikasi yang telah diciptakan. Harapan kedepannya semoga dengan adanya inovasi yang diberikan dapat membantu para umkm depo air minum isi ulang dalam mengelola usahanya.” Jelas dosen yang kerap disapa Bu Iin ini.

Tidak hanya mampu mencatat proses pemesanan lebih mudah dan menghindari kelalaian manusia, lewat aplikasi ini para pelaku UMKM di bidang air isi ulang juga mudah untuk melakukan rekapitulasi pemesanan untuk laporan bulanan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan proses bisnis serta meningkatkan daya saing pada mitra.