Bro n Sis Series: Mengupas PMMB 2021

ITTelkom Surabaya tengah giat-giatnya menggandeng berbagai pihak baik industri, start-up hingga BUMN untuk mengadakan kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana salah satu hal yang menjadi fokus utama adalah program magang mahasiswa. Rabu 10 Februari 2021 dirangkum dalam acara Bro N Sis Series, ITTelkom Surabaya mengundang Forum Human Capital Indonesia (FHCI) sebagai salah satu rekanan untuk membahas mengenai program magang bagi mahasiswa melalui Zoom dan ditayangkan live di Youtube.

“Mahasiswa tahun pertama kami sudah masuk semester 6 di tahun ini dan kami sedang mempersiapkan mereka untuk magang jadi kami mengenalkan pada mereka mengenai pengembangan karir. Terlepas daripada itu magang bersertifikat juga ditunggu-tunggu khususnya yang di BUMN sehingga mahasiswa kami tahu bagaimana berprilaku dan menghadapi permasalahan di dunia kerja.” ujar Tri Arief Sardjono, Rektor ITTelkom Surabaya dalam sambutannya.

FHCI sendiri merupakan wadah bagi para pengelola Manajemen Human Capital di lingkungan BUMN yang memiliki beberapa program unggilan sejak 2016-2020 antara lain: Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB), Sharing best Praktice BUMN, Talent Internship & Advancement, program perekrutan bersama regular, papua dan papua barat serta disabilitas, CEO muda rumah BUMN dan lembaga sertifikasi profesional. Pada kesempatan ini akan membahas lebih lanjut mengenai Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

“PMMB Ini adalah wadah untuk mempersiapkan mahasiswa siap bekerja dan siap jadi pengusaha. Nanti akan diperlakukan sebagaimana seorang karyawan pada umumnya, ada target dan kerjaan yang sesuai dengan posisi yang diambil dan ada pula mentor.” ujar Sofyan Rohidim, Direktur Eksekutif FHCI.

PMMB ini diadakan untuk mempersiapkan mahasiswa di era industri 4.0 dimana era ini mahasiswa harus dapat menjemput bola. FHCI melalui program ini mempersiapkan mahasiswa untuk pekerjaan yang tidak ada sebelumnya, teknologi yang belum ditentukan untuk memecahkan masalah yang belum tahu apa masalahnya.

“Era industri 4.0 membuat beberapa pekerjaan tergerus namun juga ada perkembangan yang lainnya, inilah yang harus dipahami oleh mahasiswa. Program magang dalam hal ini program ini sengaja dibuat minimal 6 bulan atau satu semester dan maksimal  1 tahun dimana program ini serius dan fokus untuk memberikan nilai tambah. Sekarang jamannya distruptive dan perubahan sehingga kesiapan mental kita yang harus dipersiapkan agar bisa sukses ke depannya, sehingga kita harus menumbuhkan semangat untuk berkembang dan menyesuaikan. Sehingga konsep magang ini kami harapkan mahasiswa hadir di BUMN harus berkonstribusi nyata, apa yang bisa diberikan.” tambahnya.

Cara mengikuti PMMB ini mudah, mahasiswa yang  berminat dapat mendaftarkan diri ke pusat karir (career center) masing-masing Perguruan Tinggi, kemudian melengkapi berkas sesuai persyatakat, lalu Perguruan Tinggi selanjutnya akan melakukan seleksi mahasiswa yang akan didaftarkan untuk mengikuti PMMB dan yang terpilih akan dilanjutkan kepada pihak FHCI untuk ditempatkan berdasarkan jurusan yang dipilih. Periode dalam setahun ada batch 1 dan 2 dimana waktunya disesuaikan dengan Perguruan Tinggi. 

Ada beberapa benefit yang didapat bagi para peserta PMMB antara lain magang 6 bulan atau selama 1 semester dimana ini sudah setara 20SKS, meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kapabilitas melalui pengalaman serta berkonstribusi untuk Indonesia, kesempatan berkarir di BUMN, mengenal dunia kerja, mendapatkan sertifikat industri atau kompetensi dan mendapatkan uang saku.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Informasi Pendaftaran