Bingung Mau Magang Dimana? Simak Berbagai Kesempatan Magang Dalam Dan Luar Negeri Disini!

Surabaya, November 2022 – Menerapkan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan tidak akan sempurna jika tidak pernah praktik langsung atau magang untuk mengerti bagaimana dunia kerja. Terlepas dari salah satu syarat kelulusan, program magang juga menjadi langkah awal memulai karir professional.
Dewasa ini, ada banyak kesempatan magang yang dibuka bagi para mahasiswa. Bahkan tak sedikit di antaranya juga memberikan upah bagi para pemagang. Mulai dari perusahaan, instansi pemerintahan hingga BUMN.

Melalui keterangan di laman Kementrian BUMN pada Mei 2022, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan akan ada ribuan kesempatan magang di BUMN, “Rekrutmen kali ini akan ada 2.700 yang akan diterima. Tapi karena antusiasme yang luar biasa, maka saya sudah bicara dengan Direksi, akan ada (tambahan) 2.300 lagi kesempatan magang.”
Selain magang di BUMN. Ada juga kesempatan mengikuti magang lainnya yang bisa kalian ikuti. Berikut kesempatan magang yang bisa kalian pertimbangkan mulai dari kesempatan di dalam negeri hingga ke luar negeri:

  • Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)
    Durasi magang: 6 bulan
    Penempatan: Sesuai dengan kantor Mitra
    Dapat dilakukan mahasiswa baik di dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja yang dilaksanakan selama 1 Semester (setara 20 SKS)
  • Magang Forum Human Capital Indonesia (FHCI)
    Durasi magang: 6 bulan
    Penempatan: Sesuai formasi lowongan magang
    Kesempatan ribuan lowongan magang dari BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) ini tentu tidak boleh terlewat. Selain memperoleh pengalaman seputar dunia kerja, mahasiswa juga akan memperoleh uang saku, dan sertifikat magang dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) serta konversi mata kuliah maksimal 20 SKS hingga kesempatan bekerja di BUMN.
  • Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)
    Durasi magang: 6 bulan
    Penempatan: Sesuai dengan kantor Mitra
    Kalian yang lolos dalam program magang MSIB akan berkesempatan mendapatkan biaya bulanan 1,2juta per bulan atau sesuai kesempatan dengan mitra. MSIB telah memasuki angkatan ke-3, telah dibuka kesempatan dunia industiri dan lembaga untuk ikut serta di angkatan ke-4. Sementara itu pendaftaran untuk mahasiswa baru dibuka pada 15 November – 31 Desember 2022. Lebih detailnya berikut adalah timelien MSIB:
    Berikut adalah timeline program:
    1. Pengajuan proposal program: 15 Oktober-30 November 2022
    2. Proses Reviu Proposal Mitra: 1 November-9 Desember 2022
    3. Pendaftaran Mahasiswa: 15 November-31 Desember 2022
    4. Proses seleksi mahasiswa: 1 Desember 2022-8 Januari 2023
    5. Program dimulai: 10 Februari 2023-selesai (durasi program 5 bulan)
  • Financial Health Internship Global
    Durasi magang: 6 bulan
    Penempatan: Singapura atau India
    Tujuan program magang ini adalah untuk membantu masyarakat mengatasi masalah finansial dalam mengakses layanan Kesehatan dengan melakukan riset dan data.
  • Digital Hub for Asia
    Durasi magang: 3-6 bulan
    Penempatan: Thailand, Myanmar, Bangladesh, Nepal, Fiji, Samoa, dan daerah Asia-pasifik lain
    Program magang dari PBB ini ditujukan untuk negara Asia-Pasifik dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) untuk mencapai visi mempromosikan ekonomi digital. Dalam program ini, peserta akan diberikan bimbingan, pelatihan dan dukungan untuk menyelesaikan tugas yang diawasu langsung oleh staf UNCDF.
  • Program Inclusive Digital Economics (IDE) Energy Global
    Durasi magang: 3-6 bulan
    Penempatan: Thailand, Burkina Faso, Kongo
    Siapa yang tertarik di bidang digital finance? Program ini cocok nih untuk kamu UNCDF mencari pemagang yang dapat mempromosikan ekonomi digital di daerah Afrika, Asia, dan Pasifik inovasi teknologi.
  • Program UNITLIFE
    Durasi magang: 6 bulan
    Penempatan: Prancis
    Kalian suka membuat konten kreatif dan community enagagement? Program magang satu ini adalah pilihan yang tepat. Tugas utama yang akan kalian kerjakan adalah menaikkan awareness mengenai pentingnya melawan malnutrisi pada anak-anak dan kesetaraan bidang sadar iklim dan pertanian.

 

Selain kesempatan magang di atas, khusus untuk mahasiswa ITTelkom Surabaya. Kalian bisa langsung menghubungi bagian Career Development Campus (CDC) untuk tahu program magang lainnya, karena kampus ITTelkom Surabaya membuka program magang yang bekerja sama dengan mitra baik industri dan perusahaan yang masuk dalam Tridarma Perguruan Tinggi.
Berita terbaru lainnya bisa kalian update di laman resmi ITTelkom Surabaya: https://ittelkom-sby.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *