Apa Sih SQL Itu?

Surabaya, Januari 2023 – Halo guys! Udah pada tau belum sih dengan yang namanya SQL? SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language. SQL adalah bahasa pemrograman yang mulanya berorientasi pada basis data relasional. Meski SQL diacu sebagai bahasa query, sebenarnya SQL juga berisi fasilitas untuk mendefinisikan dan memodifikasi struktur data serta menspesifikan constraint-constraint integritas dan keamanan data.

Saat ini banyak server dalam suatu database ataupun aplikasi yang sanggup mengartikan bahasa SQL. Oleh karena itu, SQL menjadi bahan pembicaraan serta modul yang sangat berarti untuk kalian yang bergelut di dunia IT ataupun hal-hal yang bersinggungan dengan database relasional. Maka dari itu, yuk kenali lebih dalam apa sih SQL itu?!

Sejarah SQL

            Munculnya SQL diawali dengan publikasi makalah E. F. Codd (1970) mengenai model relasional. Kemudian pada tahun 1974, D. Chamberlin an R. F. Boyce mengembangkan bahasa query untuk memanipulasi dan mengekstrak data dari basis data relasional. Ejaan SQL sendiri berasal dari makalah tersebut yang berjudul “SEQUEL = A Structured English Query Language”, orang-orang mengejanya dengan SQL dan menyebutnya dengan “si-quel” meski ejaan resminya adalah “s-q-l”.

Subdivisi SQL

SQL sendiri dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu DDL (Data Definition Language) DML(Data Manipulation Language), dan DCL(Data Control Language).

  1. DDL (Data Definition Language)

DDL disebut sebagai bahasa untuk pendefinisian skema yang berisi perintah-perintah untuk menciptakan objek-objek basis data (table, indeks, view, dan lainnya). Pada DDL terdapat 3 perintah penting, di antaranya create, alter, dan drop. Create merupakan perintah untuk membuat beberapa kebutuhan, seperti database dan tabel. Alter merupakan perintah yang berfungsi untuk mengubah struktural tabel yang telah dibuat. Sedangkan drop merupakan perintah untuk menghapus beberapa kebutuhan, seperti database dan tabel.

  1. DML (Data Manipulation Language)

DML adalah sekelompok perintah yang menentukan dan melakukan manipulasi nilai-nilai dalam suatu table pada satu waktu yang diinginkan. Pada DML terdapat 4 perintah penting, di antaranya insert, select, update, dan delete. Insert merupakan perintah untuk memasukkan data baru ke dalam tabel. Select merupakan perintah untuk mengambil lalu menampilkan data dari tabel. Update merupakan perintah untuk memperbarui data dalam tabel. Sedangkan delete merupakan perintah untuk menghapus data dari tabel.

  1. DCL (Data Control Language)

DCL berisi fitur-fitur yang menentukan aksi yang dapat dilakukan pemakai terhadap objek basis data seperti database, table, view, dan lainnya. Pada ISO, DCL termasuk sebagai bagian dari DDL. Terdapat 2 perintah penting dalam DCL, yaitu grant dan revoke. Grant merupakan perintah untuk memberi hak akses dari admin ke pengguna. Sedangkan revoke merupakan perintah untuk mencabut hak akses yang sebelumnya diberikan kepada pengguna sehingga bisa dikatakan bahwa revoke memiliki fungsi yang berkebalikan dengan grant.

Contoh query

Pada contoh di bawah ini, kita akan membuat table langsung dengan membentuk primary key-nya, perintahnya adalah:

CREATE TABLE Mahasiswa

Nim CHAR (9) PRIMARY KEY,

Nama VARCHAR (35) NOT NULL,

ttl DATETIME,

jenkel VARCHAR (10),

alamat VARCHAR (90),

telp CHAR (13)

Nah, udah pada tau kan dengan SQL? Dengan adanya SQL dapat memungkinkan kita dalam mengakses maupun mengubah database. Jadi, SQL merupakan bahasa khusus yang dapat digunakan ketika mengelola website. Keterampilan SQL juga dibutuhkan dalam beberapa pekerjaan, seperti data scientist, data engineer, business analyst, dan masih banyak lagi.

Bagi kalian yang ingin mendalami bahasa SQL, kalian bisa meningkatkan kemampuan dengan belajar di Institut Teknologi Telkom Surabaya, mimin tunggu yaa! Selamat belajar dan semoga bermanfaat!