Antisipasi Penyebaran COVID-19, IT Telkom Surabaya Ciptakan Sterillization Chamber

Penyakit Corona yang disebabkan oleh virus Covid-19 telah mewabah di banyak negara termasuk Indonesia. Penyebaran virus Covid-19 berlangsung secara liar tanpa dapat dikendalikan, sehingga jumlah penderita penyakit corona semakin hari semakin bertambah.

Dalam kaitan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, maka Institut Teknologi Telkom Surabaya (IT Telkom Surabaya) menciptakan Sterillization Chamber atau ruang sterilisasi. Prinsip utama dari ruang sterilisasi ini adalah menyemprotkan uap desinfektan ke seluruh tubuh seseorang sehingga terbebas dari virus/bakteri atau kuman. Seseorang yang keluar dari ruang sterilisasi ini diharapkan telah terbebas dari kuman sehingga tidak akan menularkan/menyebarkan kepada pihak lain.

Kelebihan dari ruang sterilisasi dibanding dengan cuci tangan/hand sanitizer adalah mampu membunuh virus yang menempel pada seluruh bagian tubuh manusia, sementara cuci tangan hanya mampu membunuh virus yang ada di tangan. Dengan demikian peluang seseorang untuk menyebarkan virus menjadi lebih kecil setelah keluar dari ruang sterilisasi.

Prototipe ruang sterilisasi ciptaan IT Telkom Surabaya telah diperlihatkan kepada Walikota Surabaya Tri Risma Harini. Ibu Walikota memberikan apresiasinya terhadap alat ciptaan IT Telkom Surabaya. Beberapa masukan diberikan oleh Ibu Tri Risma kepada tim IT Telkom Surabaya untuk menyempurnakan ruang sterilisasi ini.

Pembuatan ruang sterilisasi oleh IT Telkom Surabaya ini merupakan salah satu pembuktian dari tagline IT Telkom Surabaya yaitu Solution for the Nations. (rpt/bambang)